-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Ditengah Pandemi Covid-19, Jumlah Hewan Qurban di Aceh Besar Meningkat

29 Juli 2020 | Juli 29, 2020 WIB | Last Updated 2020-07-29T10:29:34Z




Habanusantara.net, KOTA JANTHO – Jumlah hewan qurban yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 M yang sudah terdata hingga Rabu (30/7/2020) siang di Kabupaten Aceh Besar mencapai 2.588 ekor. Meski di tengah pandemi Covid-19, jumlah qurban mengalami peningkatan. Namun, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar tetap mengimbau masyarakat dan panitia qurban agar mengikuti protokol kesehatan dalam pelaksanaan qurban tersebut.

Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali didampingi Plt Kadis Syariat Islam Rusdi SSos MSi, serta Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar Muhajir SSTP MPA di Kota Jantho, Rabu (29/7/2020) siang menjelaskan, jumlah hewan qurban yang sudah terdata itu mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, ungkapnya, Aceh Besar akan menyembelih lembu sebanyak 1.950 ekor, kerbau 12 ekor, dan kambing 626 ekor. 

Sedangkan pada tahun 2019 lalu adalah 2.343 ekor, dengan rincian lembu sebanyak 1.743 ekor, kerbau 3 ekor, serta kambing 597 ekor. Dengan demikian, terjadi peningkatan hewan qurban sebanyak 245 ekor dibanding tahun sebelumnya. Atau terjadi kenaikan 10,45 persen dibandingkan tahun 2019.

Semangat berqurban di kalangan masyarakat dan OPD masih sangat tinggi, walaupun di tengah kondisi musibah Covid-19 seperti saat ini. “Kita tetap mengimbau supaya pelaksanaan qurban di Aceh Besar dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Gunakan masker, jaga jarak aman, dan segera mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan proses pelaksanaan qurban,” kata Bupati Aceh Besar
Selain dilaksanakan di Kota Jantho, penyembelihan qurban juga dilakukan di tingkat kecamatan hingga ke 604 gampong yang ada di Kabupaten Aceh Besar. Daging qurban tersebut nantinya akan dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

H Mawardi Ali mengungkapkan, qurban merupakan manifestasi rasa syukur atas rezeki yang Allah SWT berikan kepada umat Islam dan harus dilaksanakan dengan rasa ikhlas. Kisah qurban adalah untuk mengenang kisah Nabi Ibrahim as bersama keluarganya yang telah rela mengorbankan jiwa, keluarga dan harta untuk menunaikan perintah Ilahi. Melalui Hari Raya Idul Adha juga merupakan kesempatan paling baik untuk umat Islam agar saling berbagi kepada yang kurang mampu. 

Bupati Aceh Besar mengajak semua panitia qurban be¬nar-benar menerapkan protokol kesehatan. Selain menjaga ke-bersihan tempat dan pera¬latan penyembelihan, panitia qurban juga harus mendeteksi dini hewan qurban yang akan disembelih guna memberikan rasa aman bagi penerima qurban, sehingga betul-betul mendapat daging yang sehat dan bebas dari berbagai penyakit. “Mari kita sambut Hari Raya Idul Adha 1441 H ini dengan rasa bahagia dan selalu bersyukur kepada Allah SWT. Doa kita semua, semoga Covid-19 ini akan segera tuntas,” pungkasnya.
close