-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Ini Rincian Data Kebakaran Di Tamiang Selama Setahun

07 Juli 2020 | Juli 07, 2020 WIB | Last Updated 2020-07-07T10:47:56Z

Aceh Tamiang - Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tamiang, sepanjang tahun 2019,  Kabupaten Aceh Tamiang mengalami bencana 32 kali kebakaran.

Yang terdiri dari 18 kali bencana kebakaran pemukiman warga yang mengakibatkan kerugian material mencapai ratusan juta rupiah. Sedangkan kebakaran hutan dan lahan milik masyarakat terjadi sebanyak 14 kali selama tahun 2019.

Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan BPBD Aceh Tamiang, Derry Mahrizal mengatakan, ada 6 dari 12 Kecamatan di Kabupaten Aceh Tamiang yang sering mengalami kebakaran sepanjang tahun 2019. Yakni, Bendahara, Karang Baru, Kota Kualasimpang, Manyak Payed, Sekerak, dan Rantau.

"Kecamatan Karang Baru yang paling sering terjadi kebakaran, yakni sebanyak 12 kali. 7 kali kebakaran pemukiman dan 5 kali kebakaran hutan dan lahan. Diikuti kota Kualasimpang sebanyak 7 kali, pemukiman 3 kali dan 4 kali lahan," kata Derry kepada Tagar, Selasa, 7 Juli 2020.

Selanjutnya, Kecamatan Sekerak terjadi sebanyak 2 kali kebakaran, Bendahara 3 kali mengalami kebakaran, Manyak Payed 4 kali mengalami kebakaran, dan Kecamatan Rantau, 1 kali kebakaran.

"Sebenarnya kebakaran pemukiman dapat diminimalisir dengan dengan cara meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan masyarakat. misalnya dengan rutin memeriksa instalasi listrik, kemudian jaringan instalasi yang sudah tua harus segera diganti, sebab itu yang kerap menjadi penyebab utama kebakaran," tuturnya.

Untuk itu, Derry meminta kepada masyarakat agar perlunya meningkatkan kewaspadaan terhadap sumber panas di rumah tangga yang sering digunakan, seperti kompor dan barang-barang eletronik yang harus selalu rutin diawasi dengan baik. Lebih baik mematikan jika memang sudah tidak digunakan. (3ndrik)

close