-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Pemko Banda Aceh Gratiskan Air Bersih Untuk Mesjid dan Dayah

08 April 2020 | April 08, 2020 WIB | Last Updated 2020-04-08T13:02:41Z

*Diskon 50 Persen Untuk Warga Kurang Mampu



Haba Nusantara.net, Banda Aceh, Ditengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia, termasuk Aceh, Pemko Banda Aceh melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy, menggratiskan air bersih kepada Mesjid, Meunasah, Musalla dan Dayah yang ada di Kota Banda Aceh selama 3 bulan kedepan.

"Saya minta dirut PDAM agar menggratiskan pembayaran air bersih kepada tempat ibadah yakni mesjid, Menasah dan dayah-dayah yang ada di Kota Banda Aceh dan memberikan diskon 50 persen tagihan kepada masyarakat kurang mampu," ujar Aminullah dalam konferensi pers di Pendopo Wali Kota Banda Aceh, Banda Aceh, Rabu (8/4/2020).

Dikatakannya, air merupakan kebutuhan yang paling utama di masjid atau tempat ibadah lainnya. Dampak dari Covid-19 ini juga  membuat tempat-tempat ibadah mengalami penurunan aktivitas nya, begitu juga dengan  pemasukannya ikut menurun, yang kita ketahui berasal dari sumbangan hamba Allah. Namun demikian jangan sampai karena tidak mampu membayar air, maka aktivitas ibadah tidak bisa berjalan.

"Karena itu, saya minta kepada Direktur PDAM untuk menggratiskan air bersih untuk rumah ibadah, agar aktivitas rumah ibadah tetap berjalan normal seperti biasa," ujar Aminullah Usman.

Selain menggratiskan tagihan air untuk mesjid, Aminullah juga meminta kepada PDAM untuk memberikan diskon tagihan kepada pelanggan yang kurang mampu mulai dari bulan April, Mei dan Juni.

"Mudah-mudahan dengan kita memberikan keringanan ini dapat sedikit membantu warga yang kurang mampu dimasa sulit ini apalagi beberapa hari kedepan akan memasuki bulan suci ramadhan. Mudah-mudahan situasi ini kita harapkan segera berlalu," harap Wali Kota Banda Aceh lagi.

Dirut PDAM Tirta Daroy, T Novizal Aiyub, mengatakan, pihaknya memberikan gratis air bersih kepada 194 rumah ibadah termasuk Mesjid, Menasah dan Dayah. Sedangkan untuk Gereja, kata Aiyup tidak didaftarkan.

"Untuk pelanggan kurang mampu diberikan diskon 50 persen dari total tagihan bagi pelanggan rumah tangga golongan 1 atau R1. Jumlahnya ada 5.000-an pelanggan," katanya.

Ia menyebut, diskon tersebut merupakan bentuk kepedulian PDAM Tirta Daroy bagi pelanggan setianya, terutama golongan R1 atau masyarakat kurang mampu. 

"Untuk ke depan akan kita lihat perkembangannya, kemungkinan untuk memperpanjang atau memperluas cakupan diskon. Semoga cepat berlalu pandemi ini dari kota kita," pungkasnya (Ismail)

close