-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Tamiang Rapat Koordinasi Lintas Program dan sektor Dalam Pencegahan Stunting

14 Juli 2020 | Juli 14, 2020 WIB | Last Updated 2020-07-14T15:59:50Z

Habanusantara.net | ACEH TAMIANG -- Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Kesehatan menyelenggarkan rapat koordinasi lintas program dan sektor, kegiatan berlangsung di aula Hotel Grand Arya Karang Baru, kegiatan tersebut dilakukan Sebagai upaya menurunkan angka Stunting serta pencegahannya. Selasa (14/07/2020).

Acara tersebut diikuti oleh tiga puluh orang peserta, terdiri dari  Bappeda, DPMKPPKB, Dinas Sosial, BPKD, Dinas Pangan, Dinas Pertanian dan lainnya, Organisasi Profesi, PKK Kabupaten dan beberapa Kepala UPTD Puskesmas. 

Dalam sambutan Bupati H.Mursil,SH.MKn yang dibacakan
Wakil Bupati Aceh Tamiang H.T Insyafuddin, ST menyampaikan, "Kepala Daerah sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini, karena peningkatan kualitas kesehatan harus terus diperjuangkan. Rapat lintas sektor dan program terkait Stunting harus benar-benar dilakukan secara terintegrasi, dengan memperkuat sinergi agar masalah penurunan angka Stunting,"jelasnya.


Aceh merupakan salah satu Provinsi penyumbang Stunting dengan angka yang sangat tinggi. Beberapa penderita gizi buruk di Bumi Muda Sedia, fakta ditemukan bahwa kesadaran masyarakat terkait pemberian asupan gizi yang baik untuk anak sudah ada, hanya saja belum memahami pentingnya nutrisi tersebut.

Wabup menambahkan, pada kunjungan dilapangan dalam program pemberian susu kambing bagi penderita gizi buruk, di dapati ada beberapa penderita yang sudah sembuh, namun masih terdata.

Saya berharap data tersebut harus dirubah dan diupgrade,  dan kita sebagai Orangtua harus memaksimalkan anak dari segala sisi,"ungkapnya.


Kepala Dinas Kesehatan Ibnu Aziz, SKM di Kesempatan yang sama melaporkan, kegiatan Rakor ini dibuat agar setiap lintas sektor dan program bersinergi menekan penurunan angka Stunting, karena ini merupakan masalah kesehatan di Indonesia dan Daerah kita,"ungkapnya.

“Data Stunting untuk Kabupaten Aceh Tamiang sampai dengan Juni 2020 adalah 1.546 Balita atau sekitar 7,1 persen dari 22.176.

Mari kita bekerja bersama dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, tentang pentingnya kesehatan dan gizi bagi keluarga,"ucap Ibnu Azis. (3ndrik)




close