-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Sambut Hut ke-62, Pertamina Gelar Pelatihan Serentak RKB di Aceh Tamiang

10 Desember 2019 | Desember 10, 2019 WIB | Last Updated 2019-12-10T15:53:11Z


Habanusantara,net | Aceh Tamiag -- Tanpa kecuali di Kabupaten Aceh Tamiang, di  Rumah kreatif BUMN Pertamina yang beralamatkan di Kampug Terban Kecamatan Karang Baru turut mengadakan Pelatihan, Selasa (10/12/2019).

Pelatihan RKB serentak ini juga dilaksanaka di 29 Kota seluruh Indonesia dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

Dalam sambutan Plt. Kepala Dinas Koperindag Aceh Tamiang Hj. Saflinawati, SH,MH melalui Kabid Perindustrian Sofia Adriani, SP. M.Si menyampaikan UMKM merupakan singkatan dari usaha mikro kecil dan menengah dan bukan istilah yang asing bagi kita, potensi yang masih besar dan peluang yang masih sangat luas  sebagai salah satu upaya peningkatan kesejahteraan hidup terutama bagi masyarakat.


Perkembangan usaha mikro kecil dan menengah lambat laun semakin pesat bukan hanya mampu memperbaiki tata kualitas kehidupan secara profesional di pemilik UMKM, namun juga turut andil menambah jumlah tenaga kerja produksi berbagai lahan.

Usaha ini telah dimasuki oleh UMKM bukan hanya sisi retail namun juga di sektor sektor bisnis besar, sayangnya dari jumlah tersebut lebih dari 90% masih bermain di ranah offline.

Kita harus membuka peluang bisnis untuk bersaing di era sekarang ini, harapannya UMKM dapat menumbuhkan perekonomian dengan menjual produk berupa barang jadi bukan barang mentah yang belum diolah.

Sofia Adriani, SP. M.Si, menyebutkan, untuk  mengembangkan UMKM sangat diperlukan jiwa entrepreneur, sebagai Contohnya kita dapat membangun jaringan kerja sama yang akan mengubah peluang kreatif untuk mengembangkan usaha pemikiran seperti ini harus terus ditumbuh kembangkan ke pelaku usaha agar UMKM mampu menjadi bisnis yang dapat menampung tenaga kerja sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.

Selanjutnya, Baihaqi, MA menyampaikan bahwa dalam upaya mendukung dan mendorong kemandirian pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Pertamina mengadakan pelatihan untuk para pengrajin Rumah Kreatif BUMN (RKB) Pertamina.

Menurut Baihaqi kegiatan ini bertujuan untuk membangun semangat, komitmen, passion serta jaringan sebagai kekuatan yang harus ditingkatkan oleh mitra binaan.

Dengan demikian realisasi di lapangan dapat terlaksana dengan baik dan memajukan UMKM dalam memasarkan produk lintas daerah ucapnya.

Para peserta mendapatkan materi dari narasumber mulai dari materi mengenai enterpreneurship hingga leadership.

Dari pelatihan ini, para peserta RKB mendapatkan target kinerja, seperti mengadakan pelatihan untuk UMKM setiap bulan dan jumlah UKM yang dibina. (3ndrik)
close