-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Dua Ulama Aceh, Isi Pengajian di Penjuru Aceh Timur

27 Oktober 2018 | Oktober 27, 2018 WIB | Last Updated 2018-10-27T02:06:38Z




HN - ACEH TIMUR, Pengajian  bulanan Kemukiman Teuku Chik Lamkapang, Kecamatan Peureulak Timur, Aceh Timur, pada kesempatan ini di laksanakan di Menasah Desa Tualang Pateng yang di isi oleh Almukarram Tgk. H. Muhammad Ali bin Teungku H. Abdul Muthalleb ( Abu Paya Pasi ),  Jum'at malam (26/10/2018).

Pengajian rutin ini di laksanakan setiap bulan yang di gelar di setiap lima Desa yaitu Desa Tualang Pateng, Babah krueng, Kruet Lintang, Jengki dan Desa Seuneubok Lapang dalam kemukiman Teuku Chik Lamkapang, Wilayah Kecamatan Peureulak Timur, Aceh Timur, turut hadir dalam pengajian tersebut, Tgk. H. Abdullah Rasyid ( Abu Kruet Lintang ).

Dalam pengajian tersebut, Abu Paya Pasi menyampaikan Ilmu sangat bermakna dalam mengiplementasikan  kehidupan sehari-hari.

"Dengan ada ilmu walaupun amal sedikit, sangat bermakna dan berharga tinggi nilainya tapi bila tidak ada ilmu walaupun banyak amal bisa rusak, karena Nabi berkata dalam tubuh kita ada segumpal darah, bila darah itu baik maka tentu baik juga sekalian tubuh, bila darah itu tidak baik maka  ikut tidak baik pula sekalian tubuh", Kata Abu Paya Pasi Ulama Karismatik Aceh.

Sementara itu pada pengajian tersebut Abu Kruet Lintang  menceritakan, Sejarah Gampong Tualang Pateng, kepada Abu Paya Pasi yang mengisi pengajian di Desa Tualang Pateng dan kepada seluruh Jamaah pengajian yang hadir, beliau menceritakan bahwa saat beliau (Abu Kruet Lintang) tinggal di Tualang Pateng sejak tahun 70-an beliau menceritakan, Tualang Pateng  belum ada orang penduduk masih Rimba Tuhan.

Kemudian di tahun 75 kembali ke Tualang Pateng sudah ada yang buka lahan dan sudah banyak penembangan pohon sehingga banyak orang kedatangan yaitu salah satu dari saudara beliau dari Peureulak, maka pada saat itu Tualang Pateng belum mempunyai nama Gampong maka para pembuka lahan, dan beliau, Abu memberi nama dari pohon besar yang ada di Gampong Tualang Pateng yaitu pohon Tualang maka tersebutlah sampai sekarang GampongTualang Pateng.

Selanjutnya Abu Kruet Lintang menjelaskan  Tualang Pateng adalah Gampong baru, Gampong Tualang Pateng hasil Pemekaran dari Gampong Babah Krueng", Sejarah yang kutip dari ucapan Abu Kruet lintang saat hadir pengajian Kemukiman di Desa Tualang Pateng.

Kemudian Abu kruet lintang mendoakan agar Tualang pateng semakin Jaya dan di beri keberkahan,"Mudah-mudahan Gampong Tualang Pateng nyoe beu Geupeujaya le Allah dan beu Geubi keberkahan le Allah", tutupnya Abu Kruet Lintang
( Agussalem ).
close