-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Ismawardi Dukung Perwal Masker, Minta Seluruh Masyarakat Patuhi

07 Mei 2020 | Mei 07, 2020 WIB | Last Updated 2020-05-07T09:08:41Z

Habanusantara.net, Banda Aceh, Anggota DPRK Banda Aceh Ismawardi mendukung penuh Peraturan Wali (Perwal) Nomor 24 tentang penggunaan makser dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kota Banda Aceh.

“Kita sangat mendukung dengan dikeluarkan Perwal tersebut, karena pemerintah sudah melakukan kewajibannya membagikan masker kepada warganya. Perwal ini harus ditegakkan, kita akan mengawal” ujar Ismawardi kepada Habanusantara.net, Kamis (7/5/2020).

Menurutnya, Perwal Nomor 24 itu untuk menjaga dan mendisiplinkan warga Kota agar tidak terpapar virus corona yang saat ini semakin meluas, begitu juga di Aceh angka positifnya semakin bertambah. Bapak Wali Kota mengeluarkan Perwal tersebut karena sangat serius dalam permasalah penanganan wabah penyakit menular itu. “Ini kepentingan Umat bukan kepentingan pribadi, dalam rangka memutuskan mata rantai penyebaran covid-19, ini Patut kita dukung,” kata Ismawardi.

Kebijakan Bapak Wali Kota mengeluarkan Perwal wajib masker itu untuk menyelamatkan warganya, ini merupakan hal-hal yang luar biasa keseriusannya dalam upaya memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 di Ibu Kota Propinsi Aceh. Patut diberikan apresiasi, belum ada Kabupaten Kota Lain di Aceh yang menerapkan hal serupa.

Apalagi, kata Ismawardi Pemerntah telah melakukan kewajibannya untuk membagikan masker kepada warga. Masker yang dibagikan tersebut hampir 100 ribu lembar, jadi wajar warganya ditutut untuk disiplin menggunakan masker agar tidak tertular penyakit menular itu.

“Kewajibannya sudah diberikan, sekarang hak pemerintah untuk menuntut warganya untuk menggunakan masker melalui perwal,” tuturnya lagi

Ismawardi menambahkan, dalam pelaksanaan Perwal dilapangan, diharapkan pemerintah terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat kemudian baru diberlakukan penindakan.

“Pada tahap sosialisasi perwal tersebut pemerintah bisa menerapkan sanksi misalnya disuruh mengaji ayat-ayat pendek, bagi mereka yang kedapatan tidak menggunakan masker,” kata Wakil Ketua Komisi III DPRK itu, apalagi Aceh ini daerah yang konsen menerapkan syaraiat Islam, Banda Aceh adalah Kota Gemilang Dalam Bingkai Syariah Islam, sanksi itu tidak selamanya mesti yang mengancam.

Demikian juga pada saat Perwal tersebut diterapkanpun, jika ada pelanggar harus terlebih dahulu diberikan peringatan baik itu peringatan secara lisan, tertulis. Kalau pelanggaran itu sudah berulang-ulang baru diberikan sangsi lainnya apakah itu mencabut sementara kartu Identitasnya, atau tidak memberikan pelayanan publik dan sebagainya.

“kita meminta kepada petugas dalam penegakan perwal ini tidak dengan arogan, tapi lakukan lah dengan humanis, tegas boleh tapi bukan berarti arogan, gunakanlah cara-cara yang sopan,” tegas Politisi Partai Amanat Nasional(PAN) dua periode itu.

Ia menambahkan, meskipun masker sudah dibagikan kepada masyarkat hampir 100 ribu lembar, namun pada saat Perwal tersebut diberlakukan juga perlu disediakan stok yang nantinya dibagikan kepada para warga yang kedapatan tidak menggunakan masker.

Terlebih Dahulu Ditegakkan pada ASN

Perwal tersebut sebelum ditegakkan kepada masyarakat, agar terlebih dahulu ditegakkan kepada ASN dilingkungan pemerintah Kota, kemudian baru ke masyarakat.

Ismawardi juga meminta kepada ASN juga taat kepada aturan pemerintah dalam hal ini Perwal Wajib Menggunakan Masker. Kita meminta kepada Satpol PP untuk menegakkan terlebih dahulu dilingkungan ASN, kemudian baru ke tempat-tempat publik, dan juga dipasar-pasar.

“Kalau pelayanan publik masih ada petugas belum menggunakan masker, mudah-mudahan dengan adanya perwal ini, semua ASN menggunakan masker. Tertipkan didalam dulu kemudian baru keluar ke masyarakat,” tegas Anggota Fraksi PAN DPRK Banda Aceh itu

Masyarakat Wajib Patuhi

Pada kesempatan tersebut, Ismawardi juga mengimbau seluruh masyarakat yang ada di Kota Banda Aceh, baik itu warga Kota maupun pendatang agar mematuhi Perwal Wajib Masker ini, penggunaan masker ini juga untuk melindungi diri sendiri dari penyakit, kalau kita mau disiplin wabah corona ini tidak akan lama.

“Kita berdoa kepada Allah semoga wabah corona ini segara diangkat oleh Allah, aamiin,” pungkas Ismawardi. []
close