-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Syavina Maura Zahrani Siswi SMA Modal Bangsa juara I Kihajar

13 Oktober 2020 | Oktober 13, 2020 WIB | Last Updated 2020-10-13T08:07:10Z

 



Habanusantara.net, Banda Aceh - Syavina Maura Zahrani, siswi kelas XII IPA SMA Modal Bangsa meraih juara I untuk tingkat SMA pada perlombaan Kita Harus Belajar (Kihajar) Sicence Technology Engineering Mathematics (STEM) tingkat nasional tahun 2020.


Perlombaan ini dilaksanakan Pusat Data dan Teknologi dan Informasi Kemendikbud RI.


“Saya sangat senang mendegar pengumuman dari Pusdatin Kemendikbud, ada seorang siswi SMA Modal Bangsa, di Aceh Besar, yang meraih juara I Lomba Kihajar STEM Tingkat Nasional tahun 2020,” kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Rahcmat Fitri, HD, MPA yang didampingi Kepala UPTD Balai Tekkomdik Disdik Aceh, T. Fariyal, MM kepada Serambinews.com, Selasa (13/10/2020) di Banda Aceh.


Rachmad Fitri menjelaskan, Syavina Maura Zahrani, lahir di Banda Aceh, 6 September 2003, siswi kelas XII IPA SMA Modal Bangsa.


Kihajar STEM, kata Rachmat Fitri,  merupakan wadah eksplorasi siswa jenjang SD, SMP, SMA dan SMK sederajat, melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis Sicence, Technology, Enggineering dan Mathematics (STEM).


Perlombaan Kihajar STEM ini, kata Kadisdik Aceh,  sudah dilaksanakan sejak tahun 2006 oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).


Tahapan penilaian itu sudah dilakukan pada tanggal, 4 Oktober 2020 lalu dan pengumumannya dilakukan, pada Senin 12 Oktober 2020.


Jumlah peserta yang ikut lomba Kihajar STEM 2020 mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, SMA, dan SMK sederajat, se-Indonesia jumlah tahun ini mencapai  64.555 orang peserta.


Peserta dari Aceh,  yang ikut lomba dari jenjang sekolah tingkat SD, SMP, SMA dan SMK sederajat.


Jumlahnya cukup banyak mencapai 3.500 orang lebih, terbanyak keempat, setelah Yogyakarta, DKI, dan Sumut .


“Alhamdulillah, dari jumlah peserta yang ikut tersebut,  ada satu orang yang meraih juara I untuk jenjang SMA, yaitu siswi kelas XII IPA SMA Modal Bangsa, Syavina Maura Zahrani, dan kita patut bersyukur,” ujar Rachmat Fitri.

close