-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Khanduri Blang Tradisi Aceh Tanda Musim Tanam Padi Tiba.

05 Oktober 2020 | Oktober 05, 2020 WIB | Last Updated 2020-10-05T07:19:16Z


Habanusantara.net, Aceh Utara – Masyarakat Desa Cot Murong Kecamatan Baktiya Barat Kabupaten Aceh Utara menggelar khanduri blang (kenduri turun kesawah) di suatu tempat areal persawahan desa itu, Senin 5/10/2020.

 

Kenduri turun sawah rutin dilakukan setiap tahun. Kenduri ini sebagai tanda bahwa dimulainya aktivitas turun sawah secara serentak. Selanjutnya, setelah kenduri ini para petani sudah bisa melakukan aktivitas tebus-menebus  gadai sawah.

 

“Jumlah petani di desa ini sekitar 300 orang, dengan luas sawah lebih kurang 150 Hektar”, ucap geusyik setempat.

 

Pantauan media ini, masyarakat membawa nasi untuk sendiri dan juga untuk kenduri sedangkan kuah disediakan di lokasi. Dalam kenduri ini ada zikir dan do’a bersama masyarakat sebelum kuah kari kambing siap dihidangkan. Tujuannya agar padi jauh dari hama ataupun serangan tikus dan burung sehingga panen berlimpah. Selain itu juga untuk mengikat tali silaturrahmi sesama agar masyarakat kompak dan serentak dimulainya aktivitas turun sawah.

 

Hujan yang stabil menjadi harapan dari para petani, sehingga dapat menghasilkan hasil yang memuaskan, dan juga diharapkan kelangkaan pupuk tidak terjadi setelah musim tanam tiba. Petani di desa ini juga sangat antusias untuk memasuki musim tanam padi. Jenis pertanian di desa ini adalah sawah tadah hujan, karena mengandalkan pengairan sawah dari curah hujan.

close