-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Ringankan Beban Masyarakat, Pemerintah Aceh Buka Pusar Murah di 4 Kecamatan di Aceh Tamiang

13 Mei 2020 | Mei 13, 2020 WIB | Last Updated 2020-05-13T12:45:49Z
foto Ilustrasi 

Habanusantara.net, Aceh Tamiang - Dalam upaya meringankan beban masyarakat menjelang hari raya Idhul Fitri 144H ditengah terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Pemerintah Aceh melalui Dinas Perindustrian Aceh melaksanakan pasar murah di Kabupaten Aceh Tamiang. 

Pasar murah tersebut berlangsung selama 4 hari dari tanggal 13 sampai dengan 16 Mei 2020 lusa. 


Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Aceh Tamiang, Rafe’i mengatakan, pasar murah tersebut di Kabupaten Aceh Tamiang dilaksanakan di 4 titik yakni di Kantor Camat Kuala Simpang, Manyak Payet, Rantau dan Tamiang Hulu. 

“Meskipun pasar murah di Aceh Tamiang hanya dilaksanakan di empat kecamatan ini, bukan berarti hanya warga kecamatan setempat saja yang boleh membeli, warga dari kecamatan manapun juga boleh mendapatkan sembako dengan harga subsidi ini, silahkan datang dan belanja kelokasi terdekat dimana pasar murah ini dibuka,” ujarnya. 


Ia mengatakan, pasar murah tersebut digelar dalam rangka menjaga stabilitas harga dan upaya pemerintah Aceh untuk memenuhi kebutuhan pokok sekaligus meringankan beban masyarakat ditengah pandemi covid-19 sedang melanda seluruh dunia termasuk di Aceh Tamiang. 

Kadiskopindag menyebutkan, sedikitnya ada empat komoditi yang dijual di pasar murah. Ada beras 10kg yang dijual Rp.85 ribu, minyak goreng isi 2 liter yang dijual Rp.24 ribu, tepung terigu Rp.7 ribu dan telur Rp.28 ribu per papan. Harga itu sepenuhnya sudah disubsidi oleh pemerintah. Besaran subsidinya, beras, tepung dan minyak goreng seharga Rp.3 ribu dan telor Rp.250 per butirnya. 

“Operasi pasar ini juga bagian dari antisipasi agar tidak terjadinya lonjakan harga menjelang hari Raya Idhul Fitri 1441 H. Kepada semua masyarakat Aceh Tamiang, silahkan manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan sembako dengan harga murah,” pungkasnya. 

Seperti diketahui, Pemerintah Aceh melaksanakan pasar murah secara serentak di 23 Kabupaten Kota di Aceh, Seremonial pembukaan dilakukan di halaman Masjid Maharaja Gurah, Kecamatan Peukan Bada kabupaten Aceh Besar, Rabu (13/5/2030) yang dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Aceh Dyah Erti Idawati. Menariknya seluruh masyarakat yang datang membeli sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan covid-19. 

Dyah berharap pasar murah yang diselenggarakan pemerintah tersebut bisa menghasilkan daya guna yang maksimal. Artinya, mereka yang membeli adalah masyarakat dari kalangan ekonomi menengah ke bawah sehingga manfaatnya betul-betul dirasakan masyarakat. [] 
close