-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Masyarakat Gampong Geudong Panton Tunaikan Zakat Fitrah

23 Mei 2020 | Mei 23, 2020 WIB | Last Updated 2020-05-23T16:07:12Z

Salah Satu Masyarakat Gampong Geudong Panton menyerahkan Zakat Fitrahnya kepada Tgk Umum Gampong, di Menasah Setempat, Sabtu (23/5/2020) malam

*Langsung dibagikan kembali kepada Fakir Miskin


Haba Nusantara.net, Aceh Timur - Masyarakat Gampong Geudong Panton, Kecamatan Idi Tunong, Aceh Timur menunaikan pembayaran zakat fitrah dimalam Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, di Meunasah Gampong setempat, Sabtu (23/5/2020) malam.

Satu persatu masyarakat digampong tersebut datang ke Menasah untuk menunaikan kewajibannya. Pembayaran zakat fitrah diterima langsung oleh Tgk Imuem Meunasah Tgk Zakir yang juga Imuem Gampong Geudong Panton.

Tgk Imum Gampong Bersama Keuchik Gampong dibantu beberapa aparatur gampong dan tokoh masyarakat menjadi petugas penerima dan mencatat jumlah zakat. 


Pembayaran Zakat Fitrah di Gampong Geudong Panton sudah mulai ditunaikan oleh masyarakat setempat mulai dari malam 25 Ramadhan sampai dengan batas akhir malam hari Raya Idul Fitri seperti yang dilakukan tahun-tahun sebelumnya.

Para Petugas sedang menyiapkan takaran zakat fitrah yang dibagikan kepada senif Fakir dan Miskin

Setelah mengumpulkan seluruh zakat fitrah dari masyarakat, petugas penerima Zakat Fitrah tersebut langsung melakukan pembagian kembali kepada yang berhak menerima zakat fitrah tersebut yakni kepada fakir dan miskin sesuai dengan ketentuan syariat.


"Setelah dihitung semuanya zakat fitrah yang terkumpul pada tahun ini, untuk senif Fakir memperoleh masing-masing 6 bambu sedangkan senif miskin mendapat masing-masing 3 bambu. Malam ini langsung dibagikan," kata tgk Zakir disela-sela pembagian zakat fitrah dimenasah setempat.



Zakat fitrah sendiri bersifat wajib bagi umat Islam dan dibayarkan sekali dalam setahun dalam bentuk makanan pokok (beras). 


Adapun besaran zakat fitrah yang telah ditetapkan bersama adalah sebesar 2,8 Kg atau 3,1 liter atau 10 muk susu tambah satu genggam.


Zakat ini dibayarkan dalam bentuk uang tunai maupun beras yang harus dilakukan sebelum batas akhir atau sebelum waktu shalat Idul Fitri.


"Zakat fitrah adalah salah satu bentuk dari diri seseorang yang berusaha untuk membersihkan benih-benih perbuatan buruk yang pernah dilakukan sebelumnya," ujar Tgk Zakir()


close