-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Cegah Penyebaran Corona, Pemko Banda Aceh Semprot Disinfektan di 300 Tempat Publik

18 April 2020 | April 18, 2020 WIB | Last Updated 2020-04-18T16:23:18Z

Habanusantara.net, Banda Aceh - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman bersama Wakil Wali Kota Zainal Arifin dan unsur Forkopimda memimpin langsung operasi penyemprotan disinfektan di jalan-jalan protokol di pusat Kota Banda Aceh, Sabtu (18/4/2020).

Lokasi pertama yang disasar yakni Jalan Tgk Chik Pante Kulu, tepatnya di depan Masjid Raya Baiturrahman. Di sana, Wali Kota Aminullah yang mengenakan baju Hazmat plus atributnya, ikut menyemprot area masjid kebanggaan masyarakat Aceh itu dengan cairan disinfektan.

Selanjutnya, belasan armada TNI/Polri, Dinas Damkar dan Penyelamatan, Satpol PP/WH, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banda Aceh, termasuk dua mobil water canon milik Brimob Polda Aceh mengelilingi kota untuk menyemprot seluruh jalan protokol dan tempat publik.

Sebelum turun ke lapangan, Aminullah juga memimpin apel gabungan di halaman balai kota yang diikuti oleh seluruh personil yang terlibat. Para pejabat yang hadir antara lain Ketua DPRK Farid Nyak Umar, Kapolresta Trisno Riyanto, Dandim 0101/BS, Kajari Erwin Desman, dan unsur Forkopimda lainnya, plus Wadasat Brimob Polda Aceh Brurry Sukoco. Hadir pula Sekda Bahagia, para Asisten, Kepala SKPK, dan Kabag di lingkungan Setdako Banda Aceh.


Pada kesempatan itu, wali kota menyerahkan secara simbolis Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker, kacamata, baju hazmat, sarung tangan, sepatu, dan alat penyemprot disinfektan kepada petugas. Sementara kepada sembilan camat se-Banda Aceh, ia juga menyerahkan 4.500 masker kain produksi UMKM lokal untuk disalurkan kepada masyarakat.

Dalam amanatnya, wali kota mengatakan pelaksanaan penyemprotan disinfektan tersebut diharapkan akan memberi dampak yang baik dalam upaya pencegahan Covid-19 di Banda Aceh. “Selain jalan protokol, kita juga menyemprot 300 tempat publik termasuk seluruh masjid dan meunasah, apalagi sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa,” katanya.

Kepada segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) dan juga TNI/Polri, wali kota mengingatkan memiliki tanggung jawab yang lebih dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. “Terutama untuk mengedukasi masyarakat terkait protokol Covid-19 seperti selalu menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan orang.”

Khusus bagi para ASN Banda Aceh, wali kota menginstruksikan agar tidak pernah melanggar imbauan yang telah disampaikan oleh pemerintah. “Dan dapat menjadi contoh di tengah-tengah masyarakat serta ikut membantu dalam setiap upaya antisipasi atau pencegahan Covid-19,” katanya lagi.


Pemko Banda Aceh, kata Aminullah, terus membantu masyarakat di tengah pandemi Corona. “Bantuan kepada disabilitas, fakir miskir dan uzur, pasar murah online, pembebasan tagihan PDAM telah kita berikan. Dalam waktu dekat, kita juga akan menyalurkan 17 ribu paket Sembako dan 100 ribu masker kepada masyarakat,” katanya.

Kegiatan edukasi dan sosialisasi mengenai Covid-19 kepada masyarakat juga terus berjalan. “Mohon dukungan masyarakat karena ini demi kepentingan dan keselamatan kita semua. Ayo kita lakukan upaya pencegahan bersama untuk memastikan agar tidak ada warga kita yang tertular Covid-19,” katanya lagi.
close