-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Hindari Wabah Corona, Warga Cot Murong Keliling Gampong Bacakan Do’a Tolak Bala

26 Maret 2020 | Maret 26, 2020 WIB | Last Updated 2020-03-26T16:03:15Z

Habanusantara.net, Aceh Utara – Dalam rangka mencegah Virus Corona (Covid-19) yang sedang mewabah, ratusan warga Gampong Cot Murong Kemukiman Buwah Kecamatan Baktiya Barat Kabupaten Aceh Utara, keliling gampong gelar pawai obor sambil membaca do’a tolak bala, Kamis 26/03/2020 malam.

Sebelum keliling gampong, warga sudah datang ke mesjid untuk shalat magrib dan baca yasin bersama, setelah itu barulah start keliling gampong dan terakhir finish di mesjid untuk shalat Insya secara berjamaah.

Keliling gampong tersebut tidak Cuma di jalan tetapi juga lewati persawahan, disetiap pertengahan gampong dan lokasi agak sunyi warga berhenti untuk mengumandangkan azan.

Kegiatan ini dipimpin oleh Imam Mesjid Baitul Munawwarah yaitu Tgk. Jamuddin atau yang akrab disapa Abu Meulaboh, dan turut berpartisipasi seluruh perangkat gampong.

Kegiatan seperti ini merupakan hal yang pernah dilakukan oleh orang-orang terdahulu, dalam rangka mencegah dan berharap kepada Allah SWT agar terhindar dari segala penyakit.

Apalagi sekarang sedang merebaknya virus corona maka kegiatan yang pernah dilakukan oleh orang tua kita dahulu perlu digalakkan kembali.

Menurut wawancara Habanusantara.net dengan M. Husen salah seorang masyarakat gampong tersebut, menyebutkan keliling gampong tersebut lebih kurang 3 KM jaraknya.

Kegiatan seperti ini ada juga semalam sebelumnya yaitu baca yasin dan zikir bersama di mesjid, anak-anak, orang dewasa baik laki-laki dan perempuan ikut berpartisipasi dalam kegiatan zikir bersama tersebut.

Masyarakat sangat mendukung kegiatan tersebut, sehingga dapat meningkatkan silaturrahmi antar warga dan mendo’akan agar kita semua terhindar dari berbagaimacam penyakit berbahaya.
close