-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kadis Industri Aceh Timur Kunjungi Peternak Madu Kelulut Milik Warga Tualang Pateng

03 Juli 2019 | Juli 03, 2019 WIB | Last Updated 2019-07-03T10:49:00Z

HN, Aceh Timur  – Potensi lebah madu kelulut yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Aceh Timur, di antarantanya,  Kecamatan Pante Bidari, Julok, Peureulak Kota dan Peureulak Timur.

Kali ini, Kepala  Dinas Perindustrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Aceh Timur Zulbahri, yang didapingi Camat Peureulak Timur Mukhtardin mengunjungi budidaya peternak lebah kelulut, pada Selasa (02/07/2019) kemarin, yang di rintis oleh Bahtiar warga Desa Tualang Pateng, Kecamatan Peureulak Timur, Aceh Timur.

Bahtiar peternak lebah kelulut yang menghasil madu dalam bahasa Aceh Madu Linot, di tekuninya sejak 2015,  Ia mengatakan, merasa bangga dan senang saat di kunjungi langsung oleh kepala dinas dan camat, namun Bahtiar juga mengharapkan dukungan dan bantuan berupa pepohanan bunga untuk asupan makanan kelulut dan juga bantuan lainnya seperti bantuan pembuatan kotak sarang kelulut.

"Akibat  kekurangan modal, untuk meneruskan budidaya madu kelulut ini, saya berharap pemerintah dapat memberikan dukungan dan bantuan  untuk kelancaran usaha ini, agar usaha madu kelulut ini dapat berkembang," harap Bahtiar.

Sementara itu, Zulbahri Kepala Dinas Industri Aceh Timur kepada Habanusantara.com mengatakan, Rabu (03/07/2019), terkait bantuan hibah dan bantuan sosial, Ia mengatakan tersandung dengan Peraturan Mendagri No 123 tahun 2018 tetang bantuan hibah sosial yang bersumber dari APBK dan Juga karna angaran belum tersedia untuk tahun ini.

"Namun kami terus berupaya agar pihak pemerintah tatap bisa membantu hal-hal seperti itu, demi meningkatkan kesejahtraan masyarakat Aceh Timur," ungkpanya.

Sambungnya, pihaknya juga akan melakukan pembinaan dan membantu pengenalan produk kemasyarakat guna meningkatkan pendapatan peternak penghasilan lebah kelulut dalam kabupaten Aceh Timur.

"Pembinaan akan kita lakukan dengan mengajarkan mereka (peternak kelulut) cara buat tampilan produk yang menarik, juga kita anjurkan untuk perizinan Depkes dan akan  kita ajarin cara pengurusan termasuk BPOM, dan kita juga memberikan masukan, cara memproleh  atau cara mengurus sertifikat halal yang harus dimiliki mereka tentu dengan berbagai ketentuan syaratnya," ungkapnya Zulbahri. (Agussalem)


close