-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Bangkitkan Ekonomi Masyarakat, Camat Peureulak Timur Gelar Pelatihan Bandeng Presto

05 Juli 2019 | Juli 05, 2019 WIB | Last Updated 2019-07-04T17:07:30Z

HN, Aceh Timur – Sesuai dengan potensi yang ada di Aceh Timur khususnya di kecamatan Peureulak Timur baik di sektor perikanan, pertanian, perdagangan dan sektor lainya, Camat Peureulak Timur, Mukhtardin Yusuf S,Sos, M,AP dapat menggalinya dengan berbagai kegiatan yang dilakukannya.

Pada kesempatan itu, Kamis (04/08/2019), kecamatan Peureulak Timur menggelar pelatihan pengolahan ikan, untuk menjadi usaha home industri yakni Bandeng Presto yang di gelar di Aula Kantor Camat Setempat.

Adapun peserta kegiatan tersebut yang di ikuti oleh 40 orang kaum ibu-ibu dari 20 desa dalam kecamatan Peureulak Timur, guna untuk membangkit pemberdayaan ekonomi kreatif masyarakat.

Acara pelatihan tersebut di buka langsung oleh Bupati Aceh Timur, H. Hasballah Bin H. M Thaib, SH, yang di wakili Asisten II bidang Keistimewaan Aceh, Ekonomi dan Pembangunan, Usman A. Rachman, SH, SP.

Dalam sambutannya, menyampaikan dengan segala potensi yang ada di Aceh Timur, yang paling penting ekonomi disamping potensi lainnya. 

"Ekonomi sangat penting ketika suatu daerah, tingkat masyarakat rendah, tingkat kemiskinan tinggi, pengangguran tinggi, ini sulit kita bayangkan, keamanan suatu daerah itu, jika masalah perut baik, maka semua akan baik, jadi ini menjadi prioritas Pemerintah Aceh Timur, agar kesejahteraan masyarakat dapat di ciptakan," katanya.

Dengan giat yang di lakukan Camat Peureulak Timur seperti ini, agar semua daerah kecamatan dapat di contohkan, karna dapat membangkitkan ekonomi masyarakat suatu daerah.

"Melalui pelatihan ini suatu momen yang bagus, yaitu dapat menambahkan ilmu untuk menambah pendapatatan masyarakat melalui usahanya, di harapkan kepada semua peserta dapat mengikuti yang serius," ungkap Usman.

Sambungnya, "Sangat kita Apresiasi, dengan kepedulian pak Camat, yang telah menggali potensi-potensi yang ada di masyarakat, jika Pak Camat semua kecamatan seperti ini, saya pikir insya Allah masyarakat kita akan cepat sejahtra, karna potensi alam kita luar biasa, cuma bagaimana cara kita memamfaatkannya untuk memberikan kesejahteraan masyarakat," kata Usman, seraya membuka acara tersebut.

Sementara itu, Camat Peureulak Timur Mukhtardin, mengatakan dengan ketersediaan bahan baku terbanyak di aceh Timur salah satu satunya kecamatan Peureulak Timur, sehingga  Camat Mukhtar berinisiatif untuk melakukan kegiatan yang bersifat mensejahterakan masyarakat.

"Semoga melalui kegiatan ini, masyarakat dapat mengolah ikan bandeng menjadi bandeng presto, bisa menjadi home Industri sehingga dapat mendongkrat perekonomian masyarakat," kata Mukhtartin Camat Peureulak Timur, yang juga mantan Kabag Humas Aceh Timur.

Selain itu, Mukhtar juga mengundang para investor dan pelaku usaha baik lokal maupun nasional untuk bisa mengembangkan investasinya di Peureulak Timur, mengingat daerah peureulak Timur termasuk kategori terbesar di Aceh Timur penghasilan tambak yaitu ikan bandeng.

"Kami berharap ada Investor yang mau membuka pabrik di Peureulak Timur, untuk mengolah bandeng presto karna penghasilan bandeng pertahunya mencapai 2.600 ton, terdapat 14 desa yang produksi bandeng, dari 20 desa di kecamatan Peureulak Timur," ungkanya. (Agussalem)
close