-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kemenag Aceh Pantau Hilal di Lhoknga

05 Mei 2019 | Mei 05, 2019 WIB | Last Updated 2019-05-05T15:57:18Z

HN-BANDA ACEH –Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Daud Pakeh mengatakan, kanwil yang ia pimpin melalui Badan Hisab Rukyat (BHR) akan melakukan pengamatan atau Rukyatul Hilal awal Ramadhan 1440 H/2019.
Pengamatan akan dipusatkan di Gedung Pusat Observatorium Teungku Chiek Kuta Karang Lhoknga, Aceh Besar, sore ini Minggu (5/5/2019) atau bertepatan dengan 29 Sya’ban 1440 Hijriah.
Pemantauan hilal tersebut menggunakan teleskop dan terbuka untuk masyarakat umum. Bagi warga Banda Aceh, Aceh Besar dan sekitarnya yang ingin ikut memantau dapat datang ke lokasi sore ini.
“Untuk tingkat Provinsi, Kemenag Aceh akan memantau Hilal di Pusat Observatium hilal Tgk Chik Kuta Karang Lhoknga, selain itu pengamatan hilal juga dilaksanakan di Aceh Utara, Lhokseumawe, di Bukit Poly kompleks Perta Arun Gas / Bukit Cot Semen Muara Dua, Gunung Cring Cran, Aceh Jaya, Pantai Suak Geudeubang, Aceh Barat, Pantai Lhok Keutapang, Aceh Selatan, Pantai Nancala, Kecamatan Teupah Barat, Simeulue, Tugu Kilometer nol Indonesia, Sabang dan pantai Ujong Manggeng, Aceh Barat Daya,” kata Daud Pakeh.
Dia menyebutkan bahwa hasil pengamatan nanti akan dilaporkan kepada Menteri Agama sebagai bahan pertimbangan dalam Sidang Itsbat penentuan awal Ramadan 1440 H.
“Meski secara perhitungan, Ramadhan 1440 H diperkirakan jatuh pada Senin, 6 Mei 2019, Namun Kemenag Aceh menghimbau kepada masyarakat untuk penetapan 1 Ramadhan 1440 H tetap menunggu keputusan Menteri Agama yang akan ditetapkan dalam sidang itsbat, pada hari Minggu, 5 Mei ba’da Magrib di Jakarta,” lanjut Daud Pakeh.
Ia menambahkan, Kementerian Agama Aceh juga akan merukyat hilal Ramadhan 1440 Hijriah minimal di delapan lokasi.
Dikatakannya, ia telah menginstruksikan kepada beberapa Kakankemenag kabupaten/kota untuk melakukan koordinasi dengan Mahkamah Syar’iyah, Dinas Syariat Islam, MPU, instansi terkait, ormas Islam dan tokoh masyarakat.
Nanti hasilnya dilaporkan kepada Kanwil Kemenag Aceh melalui Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah.
Daud Pakeh juga mengajak masyarakat untuk menyaksikan pengamatan Hilal awal Ramadhan tersebut, sebelum hilal juga akan dilakukan proses pembelajaran oleh Pakar Falakiyah BHR Kanwil Kemenag Aceh.
Acara dimulai dari pukul 17.00 WIB, semua alat yang dibutuhkan untuk pengamatan nantinya akan disiapkan.
“Silahkan datang untuk melihat langsung untuk pembelajaran, terbuka untuk umum, boleh datang siapa saja,” jelas Daud Pakeh.
Selama ini Pusat Observatorium Hilal Tgk Chik Kuta Karang Lhoknga juga dimanfaatkan untuk pembelajaran bagi Siswa, mahasiswa dan Masyarakat umum.
Sementara Anggota Tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra, S.HI. MH mengatakan, berdasarkan konsep Imkanurrukyah (Kemungkinan tinggi Hilal yang dapat di Rukyah) Ramadhan 1440 Hijriah dimulai pada Senin 6 Mei 2019, dengan data Ijtima’ awal bulan Ramadhan hari minggu 5 Mei 2019 M, Pukul 05:47:25 Wib.
“Ketinggian hilal untuk markaz Lhoknga, Aceh Besar 5,6011 derjat di atas ufuk, kemungkinan hilal terlihat sangat besar. Karena semua kriteria penentuan awal bulan sudah terpenuhi, sehingga tanggal 1 Ramadhan 1440 H diperkirakan jatuh pada hari Senin 6 Mei 2019 dan tetap menunggu hasil sidang Itsbat,” tutur Alfirdaus.**
close