-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Bahas Penanganan Narkoba Antar Negara, BNN Bekerjasama Dengan NNCC China

21 Maret 2019 | Maret 21, 2019 WIB | Last Updated 2019-03-22T03:50:08Z


HN-Banda Aceh - Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Narkotika Nasional (BNN) kali ini turut bekerjasama dengan Badan Narkotika Cina atau National Narcotics Control Commission China (NNCC) dalam segala bentuk penanganan narkotika antar kedua negara.


Kepala BNN RI, Komjen Pol Heru Winarko mengatakan, kerjasama sebelumnya juga dilakukan bersama pihak NNCC dalam Bidang Pemberantasan Narkotika dan telah ditandatangani pada 23 Maret 2012 lalu di Beijing, China.


Pertemuan untuk membahas kerjasama antar kedua negara yang selanjutnya akan dilaksanakan pada akhir April atau Mei 2019 mendatang dan dilaksanakan di Tiongkok. Selain itu, pihak BNN pun telah menyelenggarakan Diklat Internasional Interdiksi Terpadu yang diikuti oleh negara mitra BNN.


"Diharapkan, Cina dapat mendukung kegiatan serupa baik sebagai peserta maupun instruktur yang akan diselenggarakan tahun ini," ujar Heru.


Sementara itu, pihak Badan Narkotika Cina (NNCC) pun menanggapi baik akan hal ini. Seperti terkait pertemuan bilateral ini, pihak NNCC siap menerima BNN pada waktu yang ditentukan. BNN pun diminta untuk menyebutkan tempat atau kota penyelenggaraan pertemuan bilateral serta instansi yang akan dikunjungi agar dapat dikoordinasikan pihaknya nanti.


Namum, terkait dukungan pada diklat yang diselenggarakan, NNCC menyesalkan tidak dapat mendukung baik sebagai peserta maupun instruktur, mengingat ketatnya ijin ke luar negeri.


"Namun Cina dapat menerima kunjungan staf BNN untuk belajar program IT drug profiling dan Hong Kong dapat membantu diklat tersebut karena kebijakan untuk mengirim pejabat ke luar negeri lebih fleksibel. Selain itu, institusi untuk koordinasi dalam pertukaran informasi intelijen agar ditentukan BNN atau Polri dan penentuan PIC," jelasnya.


Pihak NNCC pun, tambah Jenderal Bintang Tiga ini, berharap agar dalam media rilis tidak menyatakan barang dari Cina sebelum dipastikan asal barang. "Agar dapat diminimalisir miskomunikasi melalui penguatan kerjasama," tambahnya.


Petemuan Bilateral Meeting ini berlangsung di sela sela Sidang sesi ke 62 Commission on Narcotic Drugs (CND) yang sedang berlangsung mulai 14 Maret s/d 22 Maret 2019 di M Building, Vienna Inyernational Center, Vienna, Austria. 15 Maret 2019.
close