-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Plt Gubernur Aceh Resmikan Dermaga Rakyat Desa Lamereum Simeulue

06 Januari 2019 | Januari 06, 2019 WIB | Last Updated 2019-01-06T04:18:49Z

HN-Simeulue || Plt Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT beserta rombongan didampingi Bupati Simeulue, H. Erli Hasim, SH, S.Ag, M.I.Kom, Wakil Bupati Simeulue, Hj.Afridawati, unsur Forkopimda tiba di Desa Lameureum, Kecamatan Alafan, Sabtu (5/1/2018).


Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT, menandatangani prasasti Dermaga Rakyat di Desa Lameureum, Kecamatan Alafan. Peresmian itu dilakukan Nova dalam rangka kunjungan kerjanya ke Kabupaten Simeulue, sabtu (5/1).

Kadis Perhubungan Provinsi Aceh, Ir. Junaidi Ali, dalam laporannya mengatakan dermaga tambatan perahu desa lamerem ini awalnya hanya tambatan perahu biasa, alhamdulillah pada tahun ini telah kita tingkatkan menjadi demaga pelabuhan rakyat desa lamerem dengan berbagai usaha dan upaya serta koordinasi dengan pihak Dishub Kabupaten Simeulue.

Kegiatan pembangunan dermaga rakyat desa lamerem kab. Simeulue ini merupakan salah satu konsentrasi kegiatan Dishub Aceh, ungkapnya.

Junaidi Ali menambahkan "kami juga memohon maaf karena masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan pembangunan dermaga rakyat ini, namun sesegera mungkin segala kekurangan yang ada akan kami selesaikan", tutupnya.

Sementara itu Bupati Simeulue, H. Erli Hasim, SH, S. Ag, M.I.Kom, menjelaskan dalam sambutannya pelabuhan merupakan salah satu mata rantai proses transportasi orang dan barang, dari suatu tempat ketempat tujuan. Kemudian, pelabuhan juga merupakan tempat pertemuan dua moda transportasi dan sebagai pintu gerbang suatu daerah. Selain itu, pelabuhan juga memiliki fungsi sosial dan ekonomi,  yaitu berfungsi sebagai fasilitas publik tempat berlangsungnya interaksi bagi masyarakat, termasuk interaksi yang terjadi karena adanya aktifitas perekonomian. Namun, secara khusus dalam segi ekonomi, pelabuhan berfungsi sebagai salah satu penggerak roda perekonomian, karena menjadi sebuah fasilitas publik yang memudahkan distribusi hasil-hasil produksi masyarakat.

Sesuai dengan komitmen kami pada awal pemerintahan, yaitu untuk memakmurkan dan mewujudkan kesejahteraan secara merata di Kabupaten Simeulue, maka proses peningkatan dermaga rakyat Desa Lameureum ini merupakan salah satu dari upaya tersebut.  Pelabuhan ini nantinya diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, "jelasnya.

"Pada kesempatan ini, saya menghimbau agar seluruh warga Alafan, khususnya Desa Lamerem ini agar dapat menjaga fasilitas publik yang telah diberikan oleh pemerintah.  Untuk kedepannya, masih akan ada fasilitas lain yang akan ditingkatkan pembangunannya di Kecamatan Alafan dan kecamatan lainnya.  Namun, pembangunan dan visi misi pemerintah tidaklah mungkin dapat tercapai, tanpa dukungan dan bantuan dari warga masyarakat.  Untuk itu, kami berharap agar seluruh warga masyarakat Alafan ini dapat terus bersatu dalam sebuah cita-cita positif dan bekerjasama dengan pemerintah, untuk mewujudkan seluruh visi dan misi Simeulue Sejahtera.  Mari kita terus bersatu untuk melawan seluruh unsur negatif yang ingin memecah belah kita dan menghambat kesejahteraan di Kabupaten Simeulue ini, "ujarnya.

Pada tahun ini, kita juga akan melaksanakan pesta demokrasi secara serentak, dalam rangka pemilihan presiden dan para senator yang akan menduduki DPRK Simeulue.  "Saya menghimbau kepada kita semua, untuk tidak golput dan dapat menyalurkan hak pilih pada pesta demokrasi tahun 2019 ini.  Pilihkan yang terbaik diantara yang baik, yang sejalan dan seirama dengan cita-cita pembangunan Simeulue Sejahtera yang sedang kita upayakan bersama, tetap jaga perdamaian dan bersatulah untuk menyukseskan Pemilu damai Simeulue tahun 2019, "jelasnya.

Dalam sambutannya Pelaksana tugas Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT, berharap Pembangunan Dermaga ini dapat mendukung salah satu dari 15 program pemerintahan Aceh. Kepada masyarakat jangan pernah beranggapan bahwa pelabuhan ini adalah sumbangan dari pemerintah kepada masyarakat lamerem melainkan fasilitas dermaga ini adalah milik kita bersama atau dari rakyat untuk rakyat.

"Kekurangan pada pelaksanaan pekerjaan agar dituntaskan melalui APBK 2019, diharapkan nantinya dapat menambah kelengkapan maupun keindahan dermaga ini", ujarnya.

Kegiatan Pembangunan Dermaga rakyat ini juga merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan transportasi dengan menghabiskan dana sebanyak 1,5 Milyar.

"Mari kita jaga dan kita rawat sarana dan prasarana yang telah dibangun ini, karena setelah selesai proses pembangunan dan telah diresmikan maka fasilitas tsb adalah milik masyrakat dan harus sama-sama kita jaga", tutupnya.()
close