-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tim Tahsin IKAT Latih Tajwid Para Imam Masjid di Aceh Tengah

10 Desember 2018 | Desember 10, 2018 WIB | Last Updated 2018-12-10T06:29:23Z

HN-Aceh Tengah, Tim Tahsin Ikatan Alumni Timur Tengah ((IKAT) Aceh dalam kunjungannya ke Aceh Tengah selain mengajar tajwid Alquran kepada para iman dan guru TPQ, juga didapuk menjadi imam shalat, penceramah Subuh dan ceramah maulid Nabi Besar Muhammad SAW.

"Di Takengon, Safari Subuh jadi bagian dari program Tim.  Setiap hari, 10 orang tim Tahsin IKAT melakukan Safari Subuh di 5 masjid.

Sedangkan malam harinya juga diminta masyarakat untuk mengisi ceramah maulid di beberapa masjid di wilayah Aceh Tengah" jelas koordinator tim M. Yasin Jumadi, Senin (10/12) melalui keterangan persnya.

Anggota MPU Aceh Tengah Tgk. Risma Hambali mengatakan bahwa tanggapan masyarakat terhadap program Tahsin ini sangat positif. 

"Alhamdulillah dengan program seperti ini, keberadaan IKAT semakin terasa di masyarakat di seluruh Aceh Tengah," ungkap Tgk Risma Hambali yang juga Ketua IKAT Kabupaten Aceh Tengah.

Sementara Ketua IKAT Aceh Tgk Muhammad Fadhil Rahmi, mengatakan Tim Tahsin IKAT ini mengajar cara baca Al-Quran, tapi pelatihannya hanya dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore. Selama pelatihan 3 hari, maka keberadaan Tim Tahsin IKAT di mana pun mereka berada Insya Allah siap berkhidmah untuk masyarakat. 

"Jadi imam shalat, ceramah subuh dan ceramah Maulid, Insya Allah siap, tadi Ahad (9/12) malam  salah satu Tim Tahsin, Tgk. Muhammad Yasin menjadi penceramah maulid di kecamatan Bies Mulie," pungkas Tgk M.Fadhil Rahmi.

Kepala Baitul Mal Aceh Tengah Drs. Ridwan Qari mengatakan, "Program Tahsin di Aceh Tengah ini memiliki program jangka panjang. Setelah pelatihan ini, kami berencana akan membuat pelatihan yang lebih intensif bagi guru guru al-Quran, pilihan dari seluruh peserta di 14 kecamatan. 
Sehingga kita harap, setiap kecamatan ada minimal satu atau dua orang pengajar al-Quran yang benar benar menjadi rujukan bagi masyarakat."

Program Training of Trainer Tahsin Tilawah Al-Quran metode Awsat di Aceh Tengah sudah dimulai sejak Sabtu (8/12) lalu. Saat ini sudah memasuki pekan kedua, dan sudah selesai 6 kecamatan. Insya Allah dua pekan ke depan akan diadakan di delapan kecamatan lainnya. (**)
close