-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Sigap Bencana, BPBD Aceh Tamiang Melakukan Simulasi

11 Desember 2018 | Desember 11, 2018 WIB | Last Updated 2018-12-11T01:04:21Z



Aceh Tamiang -- Untuk mengantisipasi bencana yang bisa terjadi kapan saja, BBPD Kabupaten Aceh Tamiang menggelar simulasi bencana atau latihan Search And Rescue (SAR) di Sungai Tepat nya  Kampung Tanjung Karang Aceh Tamianh, Senin (10/12).

Latihan ini merupakan salah satu bentuk kesiapan relawan untuk mengantisipasi jika ada bencana alam. Simulasi  dilaksanakan di tengah arus sungai yang sedang naik. Dua orang peserta memerankan menjadi korban tenggelam di tengah sungai.

Mendapatkan laporan kemudian langsung menerjunkan sebuah perahu karet ke tengah sungai. Simulasi tersebut di peran kan oleh TNI/Polri, PMI, RAPI, Tagana, Basarnar, Sar, Pramuka dan elemen masyarakat, Kemudian petugas langsung mengevakuasi korban yang tenggelam ke pinggir sungai.

Korban yang kondisinya pingsan langsung ditangani oleh Kepolisiaan dan relawan lainya yang sudah menunggu di tepi sungai. 

Kepala Bidang Pencengahan, Kesiapsiagaan dan Kebakaran pada BPBD Aceh Tamiang, Muhammad
Husni mengatakan digelar kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para relawan dalam penyelamatan korban tenggelam.

“Cara-cara menolong korban ini sudah sesuai dengan prosedur  yang dilakukan. Apa yang telah dipraktekan di lapangan, sangat penting untuk mengasah keterampilan yang nanti secara  otomatis relawan paham apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana,” ucapnya. (HEN)

close