-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Dayah Nahdatul Jadid Al-Amiriah lakukan Sayembara Qira'atul Kutub

27 Desember 2018 | Desember 27, 2018 WIB | Last Updated 2018-12-27T02:45:04Z

HN-Aceh Besar, Dayah Nahdatul Jadid Al-Amiriah Gampong Kayee Lee, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Selasa, 25 Desember 2018. menggelar acara sayembara Qira'atul Kutub yang diikuti oleh santri dayah tersebut, kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang akan digelar pada tanggal 12 Januari 2019 dengan penceramah Tgk. H. Husaini (Waled) Wakil Bupati Aceh Besar.

Acara pembukaan sayembara ini dibuka oleh Geuchiek Gampong Kaye Lee, Mukhtar, dalam sambutannya beliau mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memperkuat ukhwah islamiah antara sesama santri, melatih diri dalam mengamalkan kitab-kitab yang selama ini dipelajari dengan cara menghafal, kegiatan ini berlangsung di Dayah Nahdatul Jadid Al-Amiriah selepas Sholat Isya dan dihadiri peserta Qiraatul Kutub serata masyarakat sekitar

Sementara itu pimpinan Dayah Nahdatul Jadid Al-Amiriah, Gampong Kaye Lee, Tgk H. Munir Abd Al-Asyie (Abu Munir) mengatakan ada tiga kegiatan inti dalam sayembata ini, yang pertama qira'atul kutub atau surah kitab kuning, kedua pidato dan ketiga hafalan, kegiatan ini diikuti oleh santri dayah baik yang mondok maupun santri yang tinggal di Gampong Kaye Lee dan sekitarnya, ujarnya

Abu Munir menambahkan sebagai dayah Salafie dengan jumlah dewan guru 14 orang dan santri lebih kurang 172 orang, termasuk yang mondok sebanyak 48 orang bersal dari Kabupaten/Kota ini fokus terhadapa pengembangan ilmu pendidikan agama termasuk kegiatan Qira'atul Kutub yang sedang dilaksanakan ini dengan tujuan memperkuat daya ingat santri dan memperdalam ilmu yang selama ini santri dapatkan serta mepersiapkan generasi bangsa dan agamais sesuai dengan tututan syariat islam yang telah digariskan oleh Allah dan rasulnya dalam Al-Quran dan Hadis, ujarnya.

Dewan juri yang dilibatkan dalam sayembara ini berasal Dayah Nahdatul Jadid Al-Amiriah dan dari Dayah Ulei Titie, adapun pengumuman juara akan diumumkan pada malam perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW pada tanggal 12 Januari 2019 nanti, tutup Abu Munir; ()
close