-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tgk Jailani Ibrahim Geuchik Terpilih Lamgapang, Pendidikan Menjadi Prioritas Utama

12 Agustus 2018 | Agustus 12, 2018 WIB | Last Updated 2018-08-12T12:50:23Z

HN-Aceh Besar, Tgk Jailani Ibrahim, terpilih menjadi Lamgapang periode 2018-2024, setelah meraih suara terbanyak dalam prosesi pemilihan keuchik langsung (Pilchiksung), yang berlangsung di Komplek Menasah Gampong Lamgapang, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Minggu (12/8/2018).

Pilchiksung diikuti dua kandidat, yaitu Tgk Jailani Ibrahim dan Hamdani Yahya yang dimulai pukul sembilan pagi. Acara pemilihan tersebut berlangsung secara demokrasi, damai dan penuh rasa kekeluargaan turut dihadiri Muspika Krueng Barona Jaya, Imum Mukim Lam Ujong dan tokoh masyarakat dan juga dihadiri Camat Kureung Barona Jaya.

Ketua Panitia Pemilihan Keuchik (P2K) Drs T Rahmadsyah, mengatakan kedua kandidat merupakan putra terbaik Gampong Lamgapang. Dengan perolehan suara masing-masing Tgk Jailani Ibrahim 652 suara dan Hamdani Yahya memperoleh 196 dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Gampong lamgapang yang tercatat berjumlah 1446 orang, namun yang hadir dan memberikan suara hanya 848 pemilih atau sekitar 58 persen. Tgk Jailani memperoleh 77 persen dan Hamdani yahya 23 persen dari jumlah peserta yang hadir.

"Kedua kandidat menerima hasilnya tanpa komplain, Tgk Jailani Ibrahim berhasil meraih suara terbanyak dan ditetapkan menjadi keuchik terpilih Gampong Lamgapang, menggantikan keuchik sebelumnya Adnan Amin dalam Pilchiksung yang mengundurkan diri untuk maju sebagai caleg DPRA dapil 1 ," ujarnya.

Ia menegaskan pemilihan keuchik yang digelar berjalan tertib, aman lancar sesuai dengan tahapan-tahapan yang di  rencanakan, mulai dari penjaringan calon sampai memenuhi syarat-syarat administrasi. "Alhamdulillah semua calon memenuhi administrasi memenuhi administrasi," sebutnya.

Tambahnya, pada saat tahapan administrasi ada yang sangat menarik,  panitia tidak meminta surat keterangan bisa membaca al-quran, akan tetapi tes baca AlQuran di gelar di menasah setempat disaksikan oleh seluruh masyarakat yang lamgampang, dimana  penilaiannya dilakukan oleh Kantor Urusan Agama Kecamatan (KUA KEC) Kreung Barona Jaya, hal tersebut dilakukan karena Aceh merupakan daerah syariat Islam.

Camat krueng Barona jaya Salamuddin ZM, SE berharap dengan terpilihnya Tgk Jailani Ibrahim mudah-mudahan Gampong Lamgapang ini menjadi lebih baik lagi, masyarakatnya bertambah erat persatuan dan kesatuan mudah-mudahan yang dikedepankan selalu musyawarah.

Sementara untuk jadwal pelantikan, kata Salamuddin, sesuai dengan hasil pemilihan hari ini,  berkasnya 1 minggu di tingkat Gampong, kemudian baru akan dimasukkan ke Kecamatan, kemudian akan dinaikkan ke bupati lebih kurang selama 2 minggu atau paling telat 1 bulan ini harus di lantik Keuchik terpilih ini.

# Prioritas Bidang Pendidikan dan UKM #

Setelah dilantik menjadi geuchik Gampong Lamgapang, Tgk Jailani Ibrahim nanti akan duduk bersama aparatur Gampong dan Tuhan Peut dimana nantinya akan melanjutkan berbagai program dari geuchik sebelumnya.

Selain itu, dirinya akan menitikberatkan pada masalah pendidikan di Gampong tersebut, baik pendidikan agama dan juga kebudayaan. Dilanjutkan dengan program pemuda mandiri. Dimana, Gampong lamgapang  merupakan gampong kedua terbesar setelah Meunasah Papeun. "Insya Allah akan kita usahakan Pemuda Mandiri di bawah pimpinan saya mudah-mudahan pemuda di bawah pimpinan saya," sebut Tgk Jailani.

Selanjutnya di bidang pemberdayaan masyarakat yang akan di lakukan nanti adalah lebih ke menggiat Usaha Kecil Menengah (UKM), seperti hal saat dirinya  masih menjabat sebagai dewan dulu yang sangat konsisten dengan UKM, yang kedua akan diusahakan adanya koperasi, dan kelompok usaha seperti ternak dan sebagainya, yang muaranya nanti adanya penghasilan, sehingga kegiatan di gampong lamgapang ini akan menjadi gampong berbasis ekonomi.

Selain Itu, setalah dirinya dilantik nanti akan membuka pelayanan kantor geuchik mulai dari jam 8.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB, tidak seperti selama ini yaitu pelayanan geuchik dengan stempelnya di kantong. Untuk pelayanan surat menyurat yang mendesak nantinya akan di layani di menasah(Ismail)

close