-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Aceh Miliki 4 Madrasah Aliah Plus Keterampilan Seperti SMK

22 Desember 2020 | Desember 22, 2020 WIB | Last Updated 2020-12-22T10:54:41Z

Habanusantara.net, Banda Aceh- Aceh kini sudah memiliki empat Madrasah Aliah Plus Keterampilan seperti halnya dijajaran Dinas Pendidikan yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Empat Madrasah Plus Keterampilan tersebut ditetapkan dalam keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI Nomor 2851 Tahun 2020, Tentang Penetapan Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Tahun 2020. 

“Alhamdulillah di tahun 2020 ini, Kemenag Aceh telah hadir empat Madrasah Keterampilan di tingkat Aliyah, yakni MAN 1 Langsa, MAN 1 Aceh Utara, MAN 3 Kota Banda Aceh, dan MAS Seunuddon Aceh Utara,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Propinsi Aceh Dr H Iqbal SAg MAg kepada Wartawan di Aula Kanwil Kemenag Aceh, Banda Aceh, Selasa (22/12/2020). 

Mandrasah Plus Keterampilan ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi sehingga siswa/siswi setelah selesai pendidikan memiliki keahlian khusus, kalaupun para lulusan Madrasah tersebut tidak melanjutkan pendidikannya ke jenjang sarjana, tapi sudah memiliki keterampilan dan bisa menciptakan lapangan kerja baru, minimal untuk kebutuhan sendiri dengan keahlian yang dimilikinya. 

“Dengan program keterampilan ini, mereka disamping punya pengetahuan agama yang cukup, juga punya keahlian khsusus. Yang Putra ada Keterampilan Pengelasan, Perbengkelan. Yang putri ada keahlian Kustum, Desainer dan lain-lain. Harapannya mereka siap bersaing dan bersanding dengan Dunia Kerja,” harap Iqbal. 

Selaini tu, Kakanwil Kemenag Aceh juga menyampaikan, di Bidang Pendidikan Pondok Pesantren (Ponpes), Kemenag Aceh diberikan amanah program Ma’had Ali atau perguruan tinggi di Ponpes. 

“Alumni Ponpes tidak perlu repot-repot untuk kuliah di berbagai universitas, tapi ada juga program Ma’had Ali yang programnya secara Nasional. Ada enam Ma’had Ali di Aceh terutama di Dayah-dayah yang sudah besar seperti di Labuhan Haji, Mudi Mesra, Al-munawarah Kuta Krueng, dan di Aceh Utara,” ujar Iqbal. 

Dengan adanya Pendidikan Ma’had Ali, Ponpes dapat menyiapkan kader terbaiknya untuk tampil kepermukaan dengan keahlian khusus yang dimilikinya. (Ismail) 
close