-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Memudahkan Dalam Mencari Informasi, Mahkamah Syar’iyah Kualasimpang Launching Aplikasi SILANDRO dan SIPA

16 November 2020 | November 16, 2020 WIB | Last Updated 2020-11-16T13:52:59Z

 


Habanusantara.net | ACEH TAMIANG -- Mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi tentang perkara. Mahkamah Syar’iyah Kualasimpang melaksanakan launching Aplikasi SILANDRO (Sistem Informasi Layanan Berbasis Android) dan SIPA (Sistem Informasi Penelusuran Akta Cerai). Senin (16/11/2020).



Aplikasi SILANDRO dan Aplikasi SIPA merupakan inovasi unggulan dari Mahkamah Syar’iyah Kualasimpang. Aplikasi SILANDRO yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang berkepentingan  dalam hal akses informasi perkara. untuk Aplikasi SIPA diperuntukkan untuk KUA dalam mendapatkan informasi terkait keotentikan produk dari Mahkamah Syar’iyah Kualasimpang. 

Aplikasi SILANDRO dapat didownload di PlayStore dan Aplikasi SIPA dapat diakses di https://sipa.ms-kualasimpang.go.idasa 


Ketua Mahkamah Syar’iyah Kualasimpang M. Syauqi, S.H.I., S.H., M.H., menyampaikan,  maraknya pemalsuan akta cerai yang beredar di masyarakat dan sering disalahgunakan, menjadi latar belakang dikembangkannya aplikasi SILANDRO ini.



Dalam pemaparan yang di sampaikan Wakil Ketua  Mahkamah Syar’iyah Kualasimpang, Aplikasi SILANDRO dan Aplikasi SIPA bisa bermanfaat bagi Kantor Urusan Agama (KUA) di Kabupaten Aceh Tamiang dan masyarakat dalam mendapatkan informasi perkara dan produk Pengadilan.


Aplikasi SILANDRO mempunyai beberapa fitur yakni Info Perkara, Info Akta Cerai, Info Prosedur, Persyaratan Berperkara, Pengawasan, Survei, Hasil Survei, e-Court dan Gugatan Mandiri. Sedangkan Fitur pada aplikasi SIPA  tidak hanya untuk melakukan pengecekan akta cerai saja, namun KUA juga bisa melakukan pengecekan salinan putusan/ penetapan bagi masyarakat yang akan mengajukan pencatatan pernikahannya guna mendapatkan buku nikah.


 untuk Aplikasi SIPA diperuntukkan untuk KUA dalam mendapatkan informasi terkait keotentikan produk dari Mahkamah Syar’iyah Kualasimpang,' Terangnya (3ndrik)

close