-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kawasan Ekosistem Leuser Masuk Bahan Ajar

11 November 2020 | November 11, 2020 WIB | Last Updated 2020-11-11T10:53:17Z


Habanusantara.net - Banda Aceh - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) melalui UPT Mata Kuliah Umum (MKU) bersama Yayasan HAkA (Hutan, Alam, dan Lingkungan Aceh) lakukan peluncuran buku Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (ISBD) berbasis General Education secara daring di zoom, Selasa (10/11/2020).


Buku ini secara resmi diluncurkan oleh rektor Unsyiah yang diwakili oleh Wakil Rektor 1 bidang akademik Prof. Dr. Ir. Marwan yang juga dihadiri oleh Ketua Yayasan HAkA Farwiza Farhan.


“Melalui buku ISBD ini kita harapkan nilai budaya dan moral manusia bisa selalu kita kedepankan dalam segala aktivitas” sebut Prof. Dr. Ir. Marwan dalam pidato resmi peluncuran buku ISBD.


Selanjutnya ia mengatakan Buku ISBD berbasis General Education merupakan hasil kerja sama Unsyiah bersama Yayasan HAkA yang mencantumkan KEL sebagai bagian dari buku ajar untuk program pembelajaran berbasis pendidikan umum.


Sementara itu senada juga disampaikan Farwiza Farhan. Ia mengatakan bahwa KEL merupakan sebuah situs warisan dunia, sebentuk kekayaan yang patut untuk kita kenal, kita lindungi, dan kita lestarikan.


Dikatakannya, buku ISBD ini ditulis oleh tim yang terdiri dari Dr. Teuku Muttaqin Mansur, M.H, Dr. M. Adli Abdullah, Dr. Sulaiman Tripa, dan Hasbi Ali, S.Pd, M.Si.


Dimana buku ini juga dibedah dan disunting oleh kumpulan pakar yang terdiri dari Dr. Taqwaddin, Dr. Muazzin, T. Nazaruddin, Dr. Saiful, Ibu Safrina dan Dr. Saleh Sjafei.


Ia menambahkan buku yang bermuatan General Education ini,  penulisannya juga didukung oleh Yayasan HAkA pasca ditanda tangannya kontrak kerjasama Unsyiah dan Yayasan HAkA Januari 2020 lalu.


"Dan hal yang baru dari buku ISBD ini adalah, pembahasan isu lingkungan dan Kawasan Ekosistem Leuser (KEL), karena kawasan ini merupakan paru-paru dunia yang harus dengan sadar dijaga dilestarikan, ditata, dikelola supaya alam satwa dan manusia hidup harmonis secara  berdampingan tanpa ada yang merusaknya," paparnya.


Lebih lanjut Dr. Teuku Muttaqin Mansur, Ketua UPT MKU Unsyiah mengucapkan terima kasih kepada semua penulis, editor dan tim penerbit buku ini.


"Kita berharap buku yang diterbitkan Syiah Kuala University Press betul-betul berkualitas dan siap bersaing dengan penulis dan penerbit buku di tempat lain.


“Mewakili Unsyiah, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Yayasan HAkA atas dukungannya. Semoga dukungan ini dapat memberikan kontribusi dan melahirkan kader-kader yang terlibat dalam perlindungan lingkungan hidup di generasi yang akan datang.” Tutup Dr. Teuku Muttaqin Mansur.(**)

close