-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Bantu Masyarakat Ekonomi Rendah, Pdam Tirta Tamiang Pasang 1000 Jaringan Air Besih Gratis

15 September 2020 | September 15, 2020 WIB | Last Updated 2020-09-15T10:47:31Z

 


Habanusantara.net | ACEH TAMIANG -- Air bersih sangat diperlukan oleh banyak masyarakat, Kondisi prasarana dan sarana air minum memberikan pengaruh besar pada kesehatan dan lingkungan yang memiliki dampak lanjutan terhadap tingkat perekonomian keluarga.


Namun demikian banyak pula masyarakat yang belum menikmati air bersih tersebut khususnya masyarakat penghasilan rendah. 

Hal ini yang membuat PDAM Tirta Tamiang melakukan pemasangan jaringan distribusi air bersih secara gratis untuk 1.000 rumah warga miskin berpenghasilan rendah di 11 kecamatan di kabupaten Aceh Tamiang.

 

Direktur PDAM Tirta Tamiang, Ismail SE saat dikonfirmasi selasa mengatakan, tahun ini PDAM Tirta Tamiang mendapatkan hibah bantuan pemasangan distribusi air bersih dari Kementerian PUPR sebanyak 1000 sambungan.diperuntukkan untuk  Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)


“Saat ini pelaksanan pemasangan sambungan air bersih sedang dilaksanakan dan kita penerima maanfaat dari program kementerian ini,” ujar Direktur.


Dari 12 kecamatan yang ada di Aceh Tamiang baru terakomodir 11 kecamatan, sisanya Kecamatan Tenggulun yang belum terakomodir pemasangan iar bersih,” ujar Ismail


Jika warga tidak memilik air bersih maka akan menggunakan air apa adanya sehingga dikhawatirkan tidak sehat yang akhirnya mengeluarkan biaya untuk berobat. “Kadang ada juga warga yang membeli air bersih untuk kebutuhan rumah tangga sehingga mengeluarkan biaya lebih besar lagi,” urai Direktur


Untuk itu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui PDAM Tirta Tamiang terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat dan menargetkan penambahan akses aman air minum dengan menambah Sambungan Rumah (SR) melalui jaringan perpipaan.


Dengan terpasangan jaringan pipa distribusi air bersih maka keluarga tersebut tidak perlu mengeluarkan biaya lebih besar untuk kebutuhan membeli air bersih sehingga uangnya dapat dipergunakan untuk kebutuhan kesejahteraan lain.


Kriteria penerima pemasangan jaringan distrubisi air bersih gratis ini diantaranya :Bersedia menjadi pelanggan PDAM, Daya listrik yang terpasang pada rumah tangga empat ampare,

Memiliki KTP Aceh Tamiang  

Memiliki KK dan. 

Berpenghasilan rendah

Warga yang memenuhi kriteria ini nantinya di data oleh petugas PDAM Tirta Tamiang dan pemasangannya dilakukan gratis (3ndrik)


close