-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Deteksi Dini Kanker Servik, Persit KCK Atam Adakan Penyuluhan Dan Pemeriksaan IVA

15 September 2020 | September 15, 2020 WIB | Last Updated 2020-09-15T11:07:53Z


Habanusantara.net | ACEH TAMIANG -- Menurunkan kasus kanker serviks paling efektif, dapat dilakukan dengan deteksi dini pemeriksaan Inspeksi Visual Asam asetat (IVA). Namun, kesadaran masyarakat, khususnya kelompok Wanita Usia Subur (WUS) untuk melakukan pemeriksaan IVA masih rendah.

Hal ini yang membuat  Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXIV Dim 0117/Atam Koorcab Rem 011 PD Iskandar Muda bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Aceh Tamiang, menggelar sosialisasi kanker serviks serta pemeriksaan papsmear IVA kepada anggota Persit bertempat di Aula Kodim 0117/Aceh Tamiang, selasa (15/9/20).

Diketahui Kanker serviks merupakan penyakit kanker dengan morbiditas tertinggi di Indonesia, dan setiap tahun terus mengalami peningkatan kasus baru serta kematian.

Dalam sambutannya Dandim 0117/atam Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita menyampaikan "Saya selaku Dandim sesuai apa yg ibu ibu sarankan kepada saya pada saat kunjungan kerja keKoramil jajaran tentang sosialisasi kanker serviks serta pemeriksaan papsmear IVA".

Dandim berharap kepada para anggota persit dapat menyimak dan betul-betul memperhatikan penjelasan dari dokter secara seksama serta dapat merasakan, mengetahui bagi anggota persit yang sudah dilakukan pemeriksaan, sehingga diharapkan dapat memperoleh hasil yang maksimal dan sesungguhnya," harapnya. 

Saya ucapkan banyak terima kasih kepada dr. Endang dapat hadir dan memberikan sosialisasi kanker serviks serta pemeriksaan papsmear IVA kepada anggota Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXIV Dim 0117/Atam Koorcab Rem 011 PD Iskandar Muda.

"Semoga apa yang menjadi penyampaian dokter nantinya dapat menjadi pengetahuan bagi ibu-ibu sekalian dan disamping itu dapat mengetahui cara pencegahan/melakukan deteksi dini kaitannya dengan kanker serviks”, tutur Dandim.* (3ndrik)

close