-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Karang Taruna Aceh Timur Beri Peluang Pemuda untuk Inovasi Dalam Pembangunan

09 Juli 2020 | Juli 09, 2020 WIB | Last Updated 2020-07-08T17:00:27Z
Habanusantara.net, Aceh Timur – Karang Taruna Aceh Timur akan terus berupaya menjadikan karang taruna sebagai salah satu mitra strategis untuk suksesnya pembangunan di Aceh Timur. 

“Kami memberikan apresiasi tinggi serta ucapan terima kasih atas apa yang telah dilakukan Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin M. Thaib, SH. dalam Pembinaan Karang Taruna Kabupaten, Kecamatan bahkan sampai ke tingkat gampong," kata Drs. Ridwan Hasan Ketua Karang Taruna Aceh Timur dalam press rilisnya kepada Habanusantara.net, Rabu (8/7/2020).


Hal ini dinyatakan dengan surat Perintah kepada Camat dalam Kabupaten Aceh Timur Nomor 460/986/2020 tentang pembentukan/pemberdayaan Karang Taruna tingkat Kecamatan dan Gampong.  



Hal tersebut merupakan suatu penghargaan sangat bermakna juga amanah luar biasa kepada kami agar berupaya ekstra maksimal dan terus memantapkan peran serta Karang Taruna bagi pembangunan Aceh Timur khususnya di masa-masa yang akan datang.



Seyogyanya para pemuda tetap bersemangat dalam setiap kegiatan.


“Pemuda selalu bisa menjadi agen perubahan. Begitupun dengan Karang Taruna di Aceh Timur kami harapkan bisa semakin kreatif dan mampu membangkitkan semangat anak-anak muda," pungkasnya.



Pemuda harus terus berkiprah, berkarya dan berinovasi melalui organisasi organisasi kepemudaan untuk menyampaikan aspirasinya. Pemuda harus memiliki visi dan misi serta inovasi untuk menentukan bagaimana arah bangsa dan negara ini dibangun pada masa yang akan datang.


“Kami berharap Karang Taruna tetap menjadi organisasi sosial, organisasi yang profesional, juga sebagai organisasi kader. Untuk itu, seseorang tidak bisa serta-merta menjadi pengurus karang taruna jika tidak memiliki visi ke depan," ungkap Ridwan.


Karang Taruna di Aceh Timur harus bergerak progresif melalui kegiatan-kegiatan positif dengan menciptakan usaha ekonomi produktif sehingga terwujudnya kesejahteraan sosial yang hakiki di Aceh Timur.



Menurutnya, hal tersebut mutlak harus dilakukan dalam menyahuti Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional Dalam Rangka Mendukung Kebijakan Keuangan Negara Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (covid-19) dan/atau Menghadapi Ancaman Yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan Serta Penyelamatan Ekonomi Nasional.


Dukungan Bupati Rocky selama ini dalam setiap kesempatan melalui arahan dan bimbingannya tentang pentingnya keterliban generasi muda dalam pembangunan sosial mewujudkan kesejahteraan sosial di Aceh Timur perlu dibuktikan dengan berbagai karya nyata bukan hanya sebatas karya kata, Beliau juga memberikan peringatan keras dengan mengutip satu ayat Al-qur’an.


“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak dan/atau generasi yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) merek," sambungnya.



Ini merupakan cambuk untuk menjadikan dan mewujudkan lembaga kemasyarakatan dan/atau organisasi kepemudaan di Aceh Timur dalam hal ini Karang Taruna dapat menggeliat dan tumbuh berkembang juga dirasakan manfaat oleh masyarakat.


Sementara itu, Sekretaris Dinas Sosial, Aceh Timur Jamaluddin, S.Sos. M.Si. mengatakan bahwa kegiatan Fasilitasi Karang Taruna tahun 2020 ini bertujuan untuk mendorong organisasi Karang Taruna agar lebih proaktif dan meningkatkan rasa solidaritas dan kepedulian sosial kemasyarakatan terutama dalam membantu pemerintah Aceh Timur menanggulangi dan Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (covid-19).


Selain itu, melalui kegiatan-kegiatan sosial ekonomi kami berharap agar Karang Taruna dapat menjadi pelopor  dalam Percepatan Pembangunan Ekonomi Produktif Sebagai Buffer Perekonomian Serta Menumbuhkan Semangat Kewirausahaan Generasi Muda Berwawasan Lingkungan demi mewujudkan Aceh Timur yang Bermartabat.(*)
close