-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Perginya Seorang Ayah Mahasiswa

24 Juni 2020 | Juni 24, 2020 WIB | Last Updated 2020-06-24T09:47:55Z


Habanusantara.net, Banda Ace - Kabar duka kembali menyelimuti Aceh. THM Sulaiman Shah meninggal dunia di RSUDZA Banda Aceh, Selasa (23/6/2020) sekitar pukul 02.30 WIB dalam usia 80 tahun. 

Ketua Dewan Pembina Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah, lembaga yang menaungi Universitas Serambi Mekkah yang juga dikenal sebagai seniman dan sejarawan ini disemayamkan di kediamannya, Gampong Ilie, Ulee Kareng.

Saya mengenal sosok ini pertama sekali di tahun 1998 ketika suatu waktu berkunjung ke kediaman Mr Mohammad Hasan (Pahlawan Nasional) di Jakarta, bertemu beliau dan isteri tercintanya Pocut yang juga putri Alm. Mr. Moh Hasan.

Selepas itu, beberapa waktu kemudian beliau kembali ke Banda Aceh dan mengurus Yayasan yang menaungi Kampus Universitas Serambi Mekkah.

Kami akrab menyebutnya Ayahanda, seorang besar yang suka seni dan fasih sejarah nasional dan Aceh. Beliau juga humoris, yang candaanya menyesuaikan situasi. 

Saya ingat kalimat yang pernah beliau ucap "Ka Ayah Jok SK keu Sinyak Tangse saboh," atau kemudian hari mengabari kami bahwa seseorang telah berakhir SK, dengan katanya yang terkenal "SK ka mate,".

Di waktu yang lain, beliau memberi amanah kepada saya menjabat Ketua Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik USM dan kemudian "menghidupkan SK" lagi saya menjadi Pembantu Dekan III Fakultas Teknik USM.


Selepas pengabdian di kampus, saya lama sekali tidak berjumpa dengan beliau. Saya bertemu terakhir beliau di acara Zikir di Pendopo Wali Kota Banda Aceh di akhir tahun 2018. 


Kala bertemu, sosok seorang ayah ini dengan senang hati berkata "Gata sinyak Tangse hebat kajeut keu Kepala BNN,". Seterusnya dengan bangga beliau sampaikan ke Pak Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman, "Nyo aneuk lon Pak Wali beh,".


Selamat jalan Ayahanda, semoga pengabdianmu menjadi amal menuju Surga-Nya. Amin Ya Rabbal Alamin. (Hasnanda Putra)
close