-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kasus Corona di Aceh Melonjak Naik, Hari ini Tambah 10 Orang Positif Terinfeksi, 1 Meninggal

17 Juni 2020 | Juni 17, 2020 WIB | Last Updated 2020-06-17T10:35:30Z

Foto Ilustrasi (Antara)

Habanusantara.net, Banda Aceh - Aceh kembali mendapatkan tambahan kasus baru sebanyak 10 orang yang dinyatakan positif terpapar virus corona setelah menjalani pemeriksaan lab, 1 orang diantaranya meninggal dunia. Sehingga, total kasus positif Covid-19 di Aceh saat ini telah mencapai 37 orang, Rabu (17/6/2020). 

Ke 10 orang tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab di laboratorium Polymerase chain reaction (PCR) Balai Litbangkes Aceh di Aceh Besar, Rabu (17/6/2020). 

Informasi penambahan kasus baru di di Aceh itu dibenarkan Wakil Direktur Pelayanan RSUD Zainoel Abidin, Endang Mutiawati saat dikonfirmasi Habanusantara.net, Rabu (17/6/2020). 

"Iya benar ada 10 orang tambahan pasien positif, dari Aceh Utara, Aceh Selatan, dan Banda Aceh yang baru pulang dari Medan," kata Endang Mutiawati. 

Ia menyampaikan, ke 10 kasus baru tersebut satu orang dari Aceh Selatan, dua dari Banda Aceh, mereka memiliki riwayat perjalanan dari Medan, Sumatera Utara. Sedangkan pasien asal Aceh Utara belum diketahui pasti tertular dari mana. 

Saat ini, dua orang di Banda Aceh sudah diisolasi dan dirawat di Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh. Namun, satu di antaranya meninggal dunia, Rabu (17/6/2020) siang. Sementara yang lainnya masih di daerah masing-masing. 

“Yang baru meninggal dunia Ber KTP Brandan Barat, Sumatera Barat,” kata Wadir Pelayanan RSUDZA itu. 

Yang meninggal tersebut Keluhan awalnya sesak napas. Dia punya penyakit penyerta (komorbid), yakni pneumonia (radang paru-paru) dan Diabetes Mellitus (DM). 

Dilansir dari Serambinews.com, berdasarkan laporan yang diterima Direktur RSUZA, Dr dr Azharuddin SpOT K-Spine FICS dari Ruang Respiratory Intensive Care Unit (RICU) RSUZA siang ini, pada 16 Juni masuk satu pasien Covid-19 berinisial Suk (63). 

Alamatnya di KTP tercantum Brandan Barat, Sumatera Utara. 

Keluhan awalnya sesak napas. Dia punya penyakit penyerta (komorbid), yakni pneumonia (radang paru-paru) dan diabetes mellitus. 

Semula Suk dirawat di RS Pertamedika Ummi Rosnati Banda Aceh. 

Karena kondisinya terus memburuk akhirnya dirujuk ke RSUZA Banda Aceh pada 16 Juni 2020. 

Hasil swab-nya pada hari itu menunjukkan bahwa Suk positif Covid-19. 

Hanya sempat sehari dirawat sebagai pasien Covid-19, Suk meninggal dunia pada hari ini, Rabu (17/6/2020) sekitar pukul 12.00 WIB di RICU RSUZA Banda Aceh. 

Belum diperoleh informasi bagaimana ceritanya mengapa warga Sumut berada di Aceh pada masa pandemi ini. 

"Kita belum tahu tentang hal ini, kecuali hanya ada informasi bahwa yang bersangkutan sebelumnya punya riwayat perjalanan ke Medan," kata Dr Azharuddin. 

Hari ini juga jenazah Suk akan dikeluarkan dari Ruang RICU RSUZA. Sedangkan pemakamannya dipastikan akan mengikuti SOP pasien Covid-19. 

Sebelumnya pada Minggu (16/6/2020), Pasien positif Corona di Aceh bertambah lima orang berasal dari Lhokseumawe dan Aceh Utara. Ke 5 orang tersebut diduga tertular dari pasien sebelumnya juga dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19 yakni pasangan suami istri berinisial MS (42) dan DL (41) yang dinyatakan positif Corona pada Rabu (10/6) lalu. 

Sampel swab tenggorokan mereka diperiksa di Laboratorium milik Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh. 

Keduanya diketahui punya riwayat perjalanan ke Medan, Sumatera Utara (Sumut). Saat ini, mereka juga masih dirawat di Rumah Sakit Cut Mutia, Lhokseumawe. 

Secara kumulatif jumlah pasien positif Corona di Aceh hingga hari ini berjumlah 37 orang. []
close