-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Bantu Penuhi Persediaan Darah di PMI, KNPI Aceh Gelar Aksi Donor Darah

22 Juni 2020 | Juni 22, 2020 WIB | Last Updated 2020-06-22T08:08:15Z

Habanusantara.net, Banda Aceh, Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD-KNPI) Aceh bekerja sama dengan PMI Banda Aceh gelar aksi donor darah Dalam rangka membantu sesama dan memenuhi persediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Banda Aceh ditengah wabah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Banda Aceh. Aksi Donor Darah tersebut dilaksanakan di sekretariat DPD KNPI Aceh, kawasan Jambo Tape Banda Aceh, Senin (22/6/2020) 

Ketua DPD KNPI Aceh, Wahyu Saputra, SE mengajak masyarakat dan pemuda untuk menjadikan donor darah sebagai budaya. Hal itu perlu dilakukan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan darah di rumah sakit. 

“Ini merupakan kegiatan rutin KNPI Aceh setiap 2 bulan sekali melaksanakan donor darah yang tujuannya adalah untuk membantu sesama yang membutuhkan darah. Stok darah di PMI kota Banda Aceh itu setiap hari dibutuhkan pasien, jadi kita memenuhi stok darah itu,” kata Wahyu 

Ia mengatakan, kegiatan donor darah yang dilaksanakan pihaknya merupakan aksi untuk mengajak orang lain mendonorkan darahnya. 


“Ini semacam aksi yang kita buat supaya orang-orang lain juga meniru, apakah di instansi pemerintah, swasta, perusahaan-perusahaan dan lainnya, bisa melihat bahwa Pemuda juga peduli terhadap kebutuhan Darah. Jadi kita berharap aksi ini juga ditiru oleh lembaga lain,” harapnya. 

Meskipun digengah pandemi covid-19 sedang melanda Aceh, aksi donor darah juga tetap dilakukan guna untuk memenuhi kebutuhan darah di PMI, namun dalam situsi seperti ini, tetap mengikuti anjuran pemerintah yakni mematuhi protokol kesehatan. Jadwal donor darah telah diatur agar tidak ada perkumpulan dan keramaian. 

“Tidak semua berkumpul di jam 9.00 WIB, tetapi perlahan-lahan satu persatu donor darah. Tetap menjaga jarak tidak berkerumun, kemudian memakai masker dan mencuci tangan sebelum melaksanakan donor. Saya kira tidak ada masalah ini, asal kita tetap ikuti protokol kesehatan,” tutur Ketua KNPI Aceh itu. 

Aksi Donor darah yang dilakukan KNPI Aceh tersebut tidak hanya diikuti oleh para Anggota KNPI dan para Organiasi Kepemudaan (OKP), tapi juga di ikuti oleh masyarakat umum dan juga Aparatur Sipil Negara.[Ismail]
close