-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Ringankan Beban Masyarakat, Pemkab Aceh Besar Buka Pasar Murah, Harga Gula Rp. 19 rb/ 2kg, Telur 28rb/ papan

05 Mei 2020 | Mei 05, 2020 WIB | Last Updated 2020-05-05T06:54:22Z

Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali Menyerahkan Bahan Pokok kepada masyarakat yang dijual di Pasar Murah, depan Mesjid Sibreh, Kecamatan Suka Makmur, Aceh Besar, selasa (5/5/2020) [Foto : Ismail Phonna] 

Habanusantara.net, Aceh Besar, Dalam rangka meringankan beban masyarakat untuk memperoleh kebutuhan pokok sehari-hari dengan harga yang murah ditengah dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Pemkab Aceh Besar bekerjasama dengan BULOG Aceh menggelar pasar murah di 20 kecamatan di Kabupaten Aceh Besar. 

Pasar murah tersebut mulai hari ini, Selasa(5/5/2020) di Kecamatan Suka Makmur dan Montasik, Aceh Besar. 

Harga Komoditi yang dijual yakni Beras premium 10 kg dijual dengan harga Rp. 85.000, Gula Pasir 2 Kg dijual Rp. 19.000, Minyak Goreng 2 Liter Rp. 24.000, Terigu 1kg Rp. 7.000 dan Telur 1 papan Rp. 28.000. Harga Semua komoditi tersebut dijual telah mendapatkan subsidi dari pemerintah Aceh Besar. 

Bupati Aceh Besar, Ir. H Mawardi Ali mengatakan, pasar murah tersebut dilaksanakan untuk meringankan beban masyarakat ditengah Pandemi Covid-19, dengan subsidi dari pemerintah. 

“Ini untuk meringankan beban masyarakat dan antisipasi kita saat terjadi kenaikan lonjakan harga di bulan Ramadhan. Pasar murah ini digelar sesuai protokol kesehatan Covid-19” kata Mawardi Ali disela-sela membuka pelaksanaan pasar murah di Depan Mesjid Sibreh, Suka Makmur, Aceh Besar, Selasa (5/5/2020). 



 

Dikatannya, Pelaksanaan Pasar murah sebagai upaya mengantisipasi dampak sosial dari wabah virus Corona. Selain pasar murah, pemkab Aceh Besar juga telah membagikan paket Sembako. Sebanyak 25 ribu paket sembako dibagikan kepada keluarga penerima manfaat di seluruh Aceh Besar. 

Dibidang Ekonomi, Pemkab Aceh memperkuat ketahanan pangan seperti tanam padi musim gadu di 5.500 hektare lahan petani yang pengolahannya gratis dan juga bibit gratis dari pemerintah. 

“Kita sudah programkan turun ke sawah untuk tanam padi musim gadu (musim kemarau). Ini untuk menjaga ketahanan pangan. Karena keadaan ekonomi kita tidak menentu kedepan. Oleh karena itu, kita di Aceh Besar, pangan harus kita jaga,” ujarnya. 

Pada kesempatan itu juga, Mawardi Ali mengajak masyarakat untuk bersama-sama dan bekerjasama untuk mematuhi anjuran pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona atau lebih dikenal Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). 

 

“Patuhi anjuran pemerintah, salah satunya sering cuci tangan dengan sabun dan kita umat Islam seringlah berwudhu. Begitu juga, saling menjaga jarak, baik dengan kawan-kawan, dengan saudara, sebab penyakit ini (Covid-19) cepat menukar dan siapapun harus menjaga,” kata Bupati seraya menegaskan bahwa upaya itu salah satu cara mengantisipasi dampak kesehatan dari Covid-19. 

Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Aceh Besar, Taufiq SH, mengatakan, pasar murah yang bekerjasama dengan Bulog ini dilaksanakan di 20 Kecamatan di Kabupaten Aceh Besar sedengakan 3 kecamatan lainnya nanti akan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh. 

"Pelaksanaan pasar murah di Kabupaten Aceh Besar akan dilakukan di 20 lokasi atau kecamatan dan berlangsung selama 10 hari berturut-turut, dimana satu hari di dua kecamatan,” katanya. 

 

“Barang-barang yang dijual di pasar murah itu harganya pasti lebih murah dari harga di pasar. Ada lima kebutuhan pokok yakni beras, gula pasir, tepung terigu, minyak goreng dan telur," kata Taufiq. 

Harga yang dijual kelima kebutuhan pokok tersebut pada pasar murah disesuaikan dengan stok dan ditentukan jumlah yang dapat dibeli serta jumlah pembeli yakni beras tersedia 40 ribu kg maksimal 20 kg/orang untuk 2 ribu orang penerima manfaat. 

Begitu juga gula 28 ribu kg untuk 4 kg/orang bagi 7 ribu pembeli, minyak goreng stok 28 ribu kg maksimal 4 kg/orang untuk 7 ribu pembeli. Sedangkan tepung terigu tersedia 8 ribu kg maksimal beli 2 kg/orang untuk 4 ribu orang, dan telur sebanyak 210 ribu butir dapat dibeli 30 butir/orang untuk 7 ribu orang pembeli. 

Lebih lanjut Kadiskopukmdag Aceh Besar Taufiq SH menerangkan bahw kegiatan pasar murah atau operasi pasar dimulai pada pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Dimana kelima bahan pokok yang disubsidi yaitu beras, gula pasir, minyak goreng dan tepung terigu masing-masing Rp 3 ribu/kg, sementara telur ayam nilai subsidi Rp 250/ butir. 

Jadwal Pelaksanaan Pasar Murah 

Jadwal yaitu Selasa 5 Mei 2020 di Kecamatan Suka Makmur dan Montasik, Rabu 6 Mei di Kuta Baro dan Blang Bintang, Kamis 7 Mei di Baitussalam dan Mesjid Raya, Jumat 8 Mei di Darussalam dan Kr.Barona Jaya serta Kecamatan Lhoong dan Leupung pada hari Sabtu 9 Mei 2020. 

Selanjutnya, pada hari Minggu 10 Mei di Kecamatan Darul Imarah dan Darul Kamal, Senin 11 Mei di Seulimeum dan Kota Jantho, Selasa 12 Mei di Indrapuri dan Kuta Cot Glie, Rabu 13 Mei di Lhoknga dan Peukan Bada, terakhir pada hari Kamis 14 lMei 2020 di Kecamatan Ingin Jaya dan Kuta Malaka[Ismail]
close