-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Deteksi Dini Virus Corona, 30 Orang Dilakukan Uji Swab

07 Mei 2020 | Mei 07, 2020 WIB | Last Updated 2020-05-07T06:35:36Z



Habanusantara.net, Aceh Tamiang - Untuk melacak penyebaran Covid-19 di Kabupaten Aceh Tamiang, Dinas Kesehatan Provinsi Aceh pada Rabu (06/05/20) kemarin, di RSUD Aceh Tamiang melakukan Pemeriksaan Swab kepada Masyarakat Aceh Tamiang khususnya Keluarga PDP yang terkonfirmasi Positif Covid-19, hal ini disampaikan oleh Tim Informasi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dr. Hardekky Dinas Kesehatan Aceh Tamiang didampingi Herniar, SKM RSUD Aceh Tamiang.

Pada kegiatan tersebut, Sebanyak 30 orang termasuk didalamnya 13 orang keluarga inti pasien PDP yang beberapa waktu lalu terkonfirmasi Positif Covid-19 dan 17 santri lainnya terdiri dari 11 laki-laki dan 6 perempuan yang memiliki riwayat perjalanan dari Magetan Jawa Timur.


Adapun tahap yang dilakukan menurut dr. Hardekky, sebelum dilakukan pemeriksaan, ketiga puluh orang tersebut telah didata oleh Tim Dinas Kesehatan untuk selanjutnya diambil sampel dahak, lendir atau cairan dari nasofering (bagian antara hidung dan tenggorokan), dan orofaring (bagian anatara mulut dan tenggorokan) yang lebih dikenal dengan uji Swab. Sampel swab tersebut, nantinya akan di bawa ke Banda Aceh untuk dideteksi melalui uji lab PCR (Polymerase Chain Reaction).

"Hal ini dilakukan sebagai upaya pemutusan serta deteksi dini penyebaran Covid-19 di Bumi Muda Sedia", tambah Hardekky.

Acara diakhiri dengan penyemprotan disinfektan kepada para tenaga medis sekaligus lokasi bekas keramaian tersebut, guna mensterilkan lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah Aceh Tamiang.
close