-->

Notification

×

Iklan

Iklan

[Breaking News ] Seorang Warga Aceh Tamiang, Positif Corona Hasil Rapid Tes

21 April 2020 | April 21, 2020 WIB | Last Updated 2020-04-21T17:31:57Z



Foto Ilustrasi Petugas Kesedaran melakukan Rapid Tes

Habanusantara.net, Aceh Tamiang - Seorang warga Aceh Tamiang, dinyatakan positif COVID-19 setelah dilakukan rapid test. Informasi itu diperoleh dari Kabag Humas Aceh Tamiang Agusliayana dalam rilis pers yang diterima media ini Selasa(21/4/2020) malam.

 Ia mengatakan, Tim Dinas Kesehatan melalui Puskesmas di seluruh wilayah Kabupaten Aceh Tamiang melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat Aceh Tamiang yang telah mempunyai riwayat perjalanan dari daerah transmisi penyebaran virus Covid-19.

Dari hasil pemeriksaan suhu tubuh, gejala batuk dan pilek, nyeri tenggorokan di Aceh Tamiang terdapat penambahan ODP sebanyak 13 orang yang memiliki gejala gejala ringan tersebut. “Ke 13 orang tersebut tersebar di beberapa Kecamatan yakni Rantau, Sekerak, Karang Baru, Bandar Pusaka, Kota Kualasimpang, Tenggulun,” katanya.

Dijelaskannya, tim Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan mendalam melalui alat Rapid Tes. Hasil test nya Seorang Warga Positif Terinfeksi Virus Corona (Covid-19) berdasarkan Rapid test. Ia berjenis kelamin Laki-laki dari Kecamatan Bandar Pusaka. Ia asal kedatangan Magetan Jawa timur," kata Agusliayana.

Ia menambahkan, saat ini warga tersebut (yang telah dinyatakan positif Hasil Rapid Test) ini 
 dinaikkan statusnya menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP), sekarang sudah dibawa ke RSUD Aceh Tamiang untuk selanjutnya di rujuk ke RSUDZA Banda Aceh.
Tim Dinas Kesehatan telah meminta kepada 12 ODP lainnya juga kepada masyarakat yang telah memiliki riwayat perjalanan dari daerah transmisi untuk melakukan isolasi diri secara mandiri dirumah, serta menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Penanganan selanjutnya Dinas Kesehatan akan terus melakukan pemeriksaan dan pemantauan kepada masyarakat yang telah melakukan perjalanan dari daerah atau wilayah transmisi penyebaran virus Covid-19.

"Kita meminta kepada masyarakat yang telah melakukan perjalanan dari daerah atau wilayah transmisi agar dapat melapor ke puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan awal oleh Petugas Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan antisipasi dini penyebaran virus Covid-19," ujar kabag Humas.

Kepada masyarakat, juga dihimbau untuk tidak panik namun tetap waspada, menjaga kesehatan dan kebersihan diri, memakai masker serta meningkatkan daya tahan tubuh dan menjauhi keramaian agar terhindar dari penyebaran virus Covid-19.(3ndrik)
close