-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Puskesmas Di Aceh Besar Diminta Siap Tangani Pencegahan dan Penanganan Covid-19

28 April 2020 | April 28, 2020 WIB | Last Updated 2020-04-28T07:51:24Z



Habanusantara.net, KOTA JANTHO - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Aceh Besar diharapkan siap untuk menangani pencegahan, penanganan serta pemulihan virus Corona (Covid-19). “Walaupun tidak ditunjuk sebagai tempat penanganan Covid-19, tetapi petugas dan fasilitas kesehatan di Puskesmas serta kita semua harus siap untuk penanganannya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Besar Anita SKM MKes, kepada wartawan saat melakukan kunjungan ke Puskesmas Ingin Jaya, Lambaro, Selasa (28/4/2020).

Selain meninjau, Kadinkes Aceh Besar itu juga minta kepada seluruh petugas Puskemas agar tetap menjaga kebersihan, disiplin, selalu menggunakan masker, kepada semua petugas untuk bekerja dengan Ikhlas apalagi dibulan suci Ramadhan seperti ini dan juga meminta untuk dilaporkan kepadanya kalau ada fasilitas kesehatan yang perlu diganti untuk segera diusulkan. “Kami ingin ada kesiapsiagaan dari semua puskesmas dalam pencegahan dan penanggulangan virus Corona," ujarnya.

Dalam kunjungannya Kadis Kesehatan itu satu persatu meninjau ruangan yang ada di puskesmas tersebut, mulai dari ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD), ruang rawat inap, ruang persalinan, ruang pelayanan, juga meninjau kesiapan para petugas puskesmas dalam rangka penanganan pasien terkait virus corona (Covid-19).


Usai meninjau, Kadis Kesehatan Aceh Besar Anita SKM MKes didampingi para Kepala Bidang dijajaran Dinkes Aceh Besar memberikan arahan kepada para petugas Puskesmas tersebut, dan Ia mengajak semua untuk bekerja dengan ikhlas, dan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, apalagi Puskesmas Ingin Jaya ini merupakan puskesmas dengan pelayanan berbasis islami. “Ada sikap positifnya yang harus ditonjolkan turatama hal pelayanan, misalnya memberi salam pada saat pasien berkunjung,” harap Anita.


Kemudian dalam hal penanganan dan pencegahan terhadap penyakit menular seperti covid-19 ini, petugas harus selalu ikuti protokol atau SOP penanganan covid-19, seperti selalu menggunakan masker, menjaga jaga jarak antar petugas. Selain itu juga harus siap memberikan sosialisasi kepada masyarakat dalam pencegahan penyebaran covid-19.

“Meskipun ditengah pandemi covid-19 ini, kita meminta kepada semua puskesmas untuk tetap melakukan promosi kesehatan, bagaimana mengupayakan seluruh masyarakat untuk penggunaan masker, cuci tangan dengan sabun pada air mengalir, jaga jarak 1 -2 meter, menghindari dari kerumunan orang ramai, kalau ada pasien yang ODP, OTG dan atau PDP itu harus dikarantina atau di isolasi,” kata Anita.

Ia menambahkan, saat ini kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker masih kurang, karena peran kita semua dalam hal promosi kesehatan itu penting. Para petugas silahkan turun ke lapangan dalam rangka sosialiasi dan memberikan himbauan kepada masyarakat akan pentingnya penggunaan masker apalagi ditengah pandemi covid-19 seperti ini.

Kadis kesehatan Aceh Besar itu juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Aceh Besar yang hendak berobat ke Puskesmas wajib menggunakan masker. Jika ada masyarakat yang datang ke puskesmas tanpa menggunakan masker nanti tidak akan dilayani. “Gejala dari virus covid-19 ini ada yang tanpa gejala tiba-tiba positif, makanya tidak melayani kalau masyarakat yang berobat tidak mengenakan masker, kita tidak akan layani, ini dilakukan untuk menghindari terkontak langsung dengan pasien,” pungkas Anita SKM MKes, Kadis Kesehatan Aceh Besar.(Ismail)
close