-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Sidak Ke Bandara SIM, Kepala Ombudsman RI Aceh Cek Alat Deteksi Suhu Tubuh

14 Maret 2020 | Maret 14, 2020 WIB | Last Updated 2020-03-14T09:03:22Z

Habanusantara.net, Aceh Besar - Kepala Ombudsman RI Dr. Taqwaddin Husin, Perwakilan Aceh, melakukan inspeksi mendadak di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), terkait pengecekan Alat Pendeteksi Suhu Tubuh dan alat kelengkapan serta kesiapan petugas kesehatan untuk mendeteksi Wabah penumpang Virus Corona, Sabtu 14 Maret 2020.

Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Dr. Taqwaddin Husin, menyebutkan saat ini virus corona telah diidentifikasi masuk ke negara-negara selain China, termasuk negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Thailand. Hal tersebut yang membawanya untuk mengecek alat kelengkapan tersebut untuk memastikan alat tersebut ada dan berfungsi dengan baik.

“Hal ini tentu penting dilakukan untuk mengetahui kondisi peralatan dan kesiapan pihak Bandara dari segi pendeteksian maupun pihak medisnya,” sebut nya.

Berdasarkan hasil sidak yang dilakukan terdapat alat thermo scanner yang dapat mengecek suhu tubuh penumpang yang menggunakan jasa transportasi udara.

"Apabila suhu tubuh penumpang normal, maka kotak-kotak dalam monitor akan berwarna hijau. Jika ada penumpang dengan suhu tinggi, di atas 38 derajat celcius maka kotak orang tersebut akan berwarna merah atau langsung terdetek",Jelas Surkani Meneger Oprasional Bandara SIM.

"Kami bekerja sama dengan pihak RSUZA, dimana penumpang tersebut diharuskan untuk pengecekan kembali kesehatannya," tambahnya.

Lanjut Surkani. Sementara itu, bilik isolasi dan ambulance juga sudah siap beroperasi jika terjadi kondisi darurat. Untuk menjamin kesehatan karyawan, seluruh pihak Bandara juga diharuskan untuk menggunakan masker.

Tambah Ombusman RI, ia juga mengecek langsung apa yang di jelaskan pihak Bandara tersebut untuk memastikan alat tersebut sesuai dengan yang di jelaskan pihak Bandara tersebut seperti Ambulance, Bilik isolasi, dan mesin monitor berfungsi dengan cukup baik,
close