-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Wakil Bupati Aceh Tamiang Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2019

11 November 2019 | November 11, 2019 WIB | Last Updated 2019-11-11T04:54:30Z


Habanusantara,net|ACEH TAMIANG -- Wakil Bupati Aceh Tamian T. Insyafuddin, ST menjadi inspektur upacara dalam memperingati hari pahlawan di lapangan Tribun Belakang Kantor Bupati Aceh Tamiang , Senin (11/11/2019).


Upacara yang ditandai dengan pengibaran bendera Merah Putih ini, diikuti para pejabat, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang serta Para Veteran, TNI,  Polri dan ormas lainya.

Pada kegiatan ini, para peserta upacara mengheningkan cipta selama satu menit yang dipimpin Wakil Bupati. Hal ini untuk mengenang perjuangan jasa para pahlawan dalam mengusir penjajah di Indonesia.

Wakil Bupati Aceh Tamiang dalam amanat membacakan sambutan Menteri Sosial RI, Juliari P. Batubara mengatakan, setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

“Memperingati Hari Pahlawan ini didasarkan peristiwa “Pertempuran 10 November 1945″ di Surabaya. Peristiwa itu memberi kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa yakni “politik harapan”. Jadi, seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan,” katanya.

Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia (WNI).

“Dengan Peringatan Hari Pahlwan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar,” katanya.

Lebih lanjut Wakil Bupati mengungkapkan, melalui peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan tahun ini.

Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah.

“Tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata Internasional,” ujarnya.

Upacara Hari Pahlawan Nasional tersebut dihadiri, Wakil Bupati Aceh tamiang T. Insyafuddin ST, Kapolres Aceh Tamiang AKBP Zulhir Destrian SIK, Ketua DPRK Aceh Tamiang Suprianto ST, Kepala BNNK Aceh Tamiang AKBP Trisna Safari Yandi SH, Kepala Kejaksaan Erwinsyah,SH, Kepala Pengadilan Kualsimpang, Irwinsyah, SH.,MH. Sekretaris Daerah H. Basyaruddin SH, dan Wakil Ketua DPRK I Fadlon SH dan sejumlah prajurit dan perwira TNI-Polri, para kepala SKPK, Ormas, OKP dan insan Pers,. (3ndrik)

close