-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Dinsos Aceh Akan Bekali PPKS untuk Mandiri

03 Oktober 2019 | Oktober 03, 2019 WIB | Last Updated 2019-12-12T03:40:42Z


BANDA ACEH – Kepala Dinas Sosial Aceh Drs Alhudri MM didampingi Kepala UPTD Rumoh Seujahtera Beujroh Meukarya (RSBM) Yursi S.Sos mengatakan, Dinas Sosial Aceh melalui UPTD RSBM akan menggelar pelatihan untuk membekali para Pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) selama dua bulan.

Pelatihan tersebut diharapkan dapat mampu membantu para peserta untuk mandiri, sehingga terselengaranya kesejahteraam sosial dalam masyarakat, dengan harapan dapat menekan angka kemiskinan di Aceh.

“Ini juga sebagai salah satu upaya kita Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial untuk menekan angka pengangguran,” kata Alhudri di RSBM, Ladong, Aceh Besar, Kamis (3/10/2019)

Menurut Alhudri, pemberian bimbingan sosial dan pelatihan ketrampilan ini merupakan amanat konstitusi yakni Peraturan Pemerintah Nomor 2 tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal dan Permensos Nomor 9 tahun 2018 tentang Standar Teknis Pelayanan Dasar pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Sosial di provinsi dan kabupaten/kota. Serta berdasarkan data PPKS yang belum pernah memperoleh bantuan pelayanan di Propinsi Aceh.

Alhudri menambahkan, dengan bimbingan sosial dan pelatihan ketrampilan bagi para PPKS ini diharapkan dapat memberikan pencerahan dan motivasi agar dapat terpenuhi kebutuhan dasar hidupnya dan dapat berfungsi sosial secara baik. 

Kemudian memberikan wawasan dan pengetahuan sebagai modal dasar dan mendapatkan ilmu keterampilan dalam berusaha, dan diharapkan PPKS ini memiliki keterampilan sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidup dasarnya secara layak, mandiri serta tidak bergantung pada orang lain. 

"Selain bimbingan sosial dan pelatihan keterampilan kita juga berikan bantuan modal berupa peralatan yang nantinya dapat berguna untuk menjalankan usahanya hingga mandiri kepada para PMKS selah pelatihan ini," kata Kadis Sosial Aceh.[adv]
close