-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kabut Asap Makin Tebal di Aceh Timur, TNI, Polri dan Dinkes Bagi Masker

23 September 2019 | September 23, 2019 WIB | Last Updated 2019-09-23T12:48:15Z

HN, Aceh Timur – Sejumlah Instansi yang ada di Kabupaten Aceh Timur, membagikan masker kepada pengguna jalan, lintas Medan-Banda Aceh.

Hingga Senin (23/09/2019) kabut asap semakin tebal menyelimuti Aceh Timur, yang di duga akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau.

Bencana kabut asap ini mengundang keprihatinan banyak pihak. Sejumlah instansi pun mulai membagi-bagikan masker untuk masyarakat yang kebetulan beraktivitas di luar rumah.

Instansi yang dimaksud diantaranya, TNI, Polri dan Dinas Kesehatan Aceh Timur.

Pantauan Habanusantara.net, bagi-bagi masker ini dilakukan di beberapa titik di Aceh Tinur secara terpisah.

Dari TNI turut  membagi  masker kepada masyarakat oleh Danramil Aceh Timur melalui anggota Koramil15/Peureulak Barat.

Aksi ini digelar di kawasan Desa Beusa Seberang, Kecamatan Peureulak Barat, Kabupaten Aceh Timur.

Sementara, dari pihak kepolisian, Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Aceh Timur membagikan 1000 masker kepada pengguna jalan. Selain meminamilisir dampak kabut asap, kegiatan itu juga dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Lalu Lintas Bhayangkara.

Pembagian Masker itu dipusatkan di depan Pos Lantas Kota Idi, Senin siang. Pembagian masker yang dilaksanakan dengan sasaran para pengendara, pengemudi dan masyarakat yang beraktivitas di luar rumah.

Kegiatan itu dipimpin langsung oleh Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, S.I.K, M.H dengan didampingi Kabag Ops AKP Salmidin, S.E dan anggota Satlantas serta beberapa Pejabat Utama Polres Aceh Timur.

"Pembagian masker ini merupakan bentuk bakti kemanusiaan dalam rangka memperingati HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke 64 kepada pengguna jalan. Selain itu kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian Polri kepada masyarakat terkait bencana asap yang semakin mengkhawatirkan," kata Kapolres Aceh Timur kepada sejumlah wartawan.

Sedangkan, Instansi Pemerintah Aceh Timur juga ikut andil mengantisipasi dampak buruk kabut asap, melalui Kepala Dinas Kesehatan Aceh Timur, Sahminan, SKM, M. Kes, meembagikan masker gratis di Jalinsum Banda Aceh - Medan, depan Kantor Dinkes Aceh Timur di Idi Rayeuk, Kamis (23/9).

Dia meminta masyarakat yang beraktifitas diluar rumah untuk tetap mengenakan masker sebagai pelindung pernafasan.

"Kami juga berharap masyarakat tidak panik dengan kabut asap kiriman ini, tapi utamakan masker untuk keluarga masing-masing, sehingga terhindar dari Ispeksi Pernafasan (ISPA)," ujar Sahminan.

close