-->

Notification

×

Iklan

Iklan

KIP Aceh Besar Gelar Bimtek Relawan Demokrasi

25 Januari 2019 | Januari 25, 2019 WIB | Last Updated 2019-01-26T05:06:05Z

HN-Aceh Besar, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Besar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap 55 Relawan Demokrasi (Relasi) di Aula Guest House Green Paradiso Ajun Jempet, Aceh Besar, Jumat (25/1/2019).

Ketua KIP Aceh Besar, Cut Agus Fathillah SH MH menjelaskan Bimtek Relawan Demokrasi  diikuti oleh 55 orang terdiri dari relawan dari berbagai basis masyarakat diantara basis pemula, perempuan, keagamaan, marjinal, milenial, disabilitas, duta baca dan basis wisata serta relawan lainnya. "Semau sahabat relasi baru saja di kukuhkan setelah mereka melalui lulus seleksi wawancara terhadap 85 orang yang mendaftar dan terpilih 55 orang," sebutnya.

Menurut Cut Agus Fathillah, Bimtek yang digelar pihaknya guna memberikan pemahaman dan penjelasan kepada puluhan relawan yang telah direkrut pihaknya setelah melalui proses seleksi untuk pemahaman mengenai tugas dan fungsi yang akan mereka geluti. "Hal itu perlu agar nantinya mereka siap diterjunkan ke masyarakat untuk menyosialisasikan tentang pentingnya mempergunakan hak pilihnya pada pemilihan umum April tahun 2019 mendatang," katanya.

Ia juga berharap kehadiran unsur sahabat relawan dapat membantu KIP agar supaya partisipasi masyarakat dalam mempergunakan hak pilihnya pada hari H bisa lebih mendongkrak sampai dengan 92 persen.

Lanjut Cut Agus menegaskan, dalam Bimtek tersebut para relawan diberikan materi mulai dari persoalan daftar pemilih dalam pemilu, teknis dan informasi penyelenggaraan pemilu, pentingnya pemilu dan menangkal hoax, pemilu dan demokrasi hingga kode etik relawan demokrasi.

Begitupun, relawan demokrasi dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas proses pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi serta membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda kepemiluan. "Relawan memiliki peran sebagai mitra KIP dalam menjalankan agenda sosialsiasi dan pendidikan pemilih untuk suksesnya pemilu," demikian Ketua KIP Aceh Besar, Cut Agus Fathillah[]
close