-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Dinsos Aceh Gelar Rakor KSB SE Aceh

10 Mei 2018 | Mei 10, 2018 WIB | Last Updated 2018-05-10T10:17:43Z

HN-Banda Aceh- Dinas Sosial Provinsi Aceh gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kampung Siaga Bencana (KSB) se Aceh, kegiatan tersebut di langsungkan di grand Nanggroe Hotel selama dua hari, di mulai 10 - 11 Mei 2018.

Katua Panitia KSB Yayan Rahmat  dalam sambutannya menyampaikan tujuan dilaksanakan Rakor ini adalah untuk mengembangkan kapasitas masyarakat dalam penanggulangan bencana, baik saat pra bencana, tanggap darurat dan pasca bencana dengan cara mengoptimalkan koordinasi dan sinergitas pemerintah, lembaga penanggulangan bencana dan masyarakat serta intitusi terkait lainnya.

Selain itu, Rakor ini diharapkan dapat menjadi sarana informasi dan silaturahmi tentang program KSB yang difasilitasi Kementerian Sosial RI dan Dinas Sosial Aceh kepada pihak-pihak pemangku kebijakan di wilayah, khususnya daerah rawan bencana, sehingga KSB ini menjadi komunitas siaga bencana yang berkelanjutan di masyarakat.

Yayan Rahmat yang juga Kepala Seksi (Kasi) Perlindungan Sosial dan Korban Bencana Alam (PSKBA) Dinas Sosial Aceh, menyebutkan, saat ini ada 24 KSB yang telah terbentuk di kabupaten/kota se Aceh, sedangkan daerah yang belum terbentuk KSB antara lain Banda Aceh, Aceh Tenggara dan Aceh Timur.

“Satu tim KSB berjumlah 60 orang, kalau 24 KSB maka ada 1.440 orang yang ada dalam tim KSB yang merupakan potensi masyarakat untuk menjadi agen perubahan di lapangan sebagai masyarakat siaga bencana dalam rangka pengurangan resiko bencana berbasis komunitas,” Imbuh Yayan.

Direktur PSKBA Kementrian Sosial RI, Margowiyono sangat mengapresiasi dengan diadakannya Rakor KSB tersebut. Dia berharap, KSB yang sudah terbentuk di hampir setiap kabupaten/kota di Aceh harus terus berkembang, dan dia mengaku siap untuk membantu.

“Tentunya KSB ke depan harus lebih bagus walaupun saya nanti tidak lagi sebagai direktur PSKBA,” ujarnya.

Kegiatan rakor tersebut secara resmi di buka Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri dalam sambutannya mengatakan, bencana merupakan peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam, non alam maupun manusia itu sendiri, sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis lainnya.

“Bencana tidak dapat kita hindari namun resikonya yang dapat kita kurangi. salah satu kegiatan untuk mengurangi dampak dari resiko bencana adalah membentuk kampung siaga bencana pada daerah rawan bencana,” ujar Alhudri. 

Dengan KSB, katanya, masyarakat akan dibekali dengan ilmu pengetahuan, keterampilan dan teknik evakuasi dalam rangka perlindungan sosial terhadap korban bencana.

Menurutnya, kegiatan kampung siaga bencana manfaatnya sangat banyak, selain memberikan pemahaman tentang ilmu kebencanaan kepada masyarakat, juga untuk menggali sumber daya manusia dan potensi sumber daya alam yang dapat digunanakan pada saat penanggulangan bencana. Kemudian wilayah KSB mempunyai satu peta kawasan untuk jalur evakuasi dan titik penyelamatan dari kawasan rawan bencana.

“Oleh karenanya sangat penting untuk kita mengadakan rapat koordinasi kampung siaga bencana ini. Antara lain untuk mengetahui permasalahan di lapangan dan kita sama-sama mencari solusi pemecahannya,” kata Alhudri.

Alhudri berharap, KSB yang sudah dibentuk dapat dirasakan oleh masyarakat setempat, dan tim KSB dapat menunjukkan kiprahnya pada saat penanggulangan bencana. 

“Terakhir, kemarin kami melaksanakan KSB di Kabupaten Nagan Raya pada 1 -3 Mei 2018. Tetapi masih ada sisa kabupaten yang belum terbentuk KSB, insyaAllah tahun ini sebagian akan terealisasi, sesuai dengan anggaran yang tersedia,” ujarnya.

Kegiatan tersebut di hadiri Direktur  Perlindungan Sosial dan Korban Bencana Alam (PSKBA) Kementrian Sosial RI, Margowiyono.

Rakor yang diikuti oleh 120 peserta terdiri dari para kepala bidang perlindungan dan jaminan sosial (Linjamsos), Koordinator Tagana, Ketua KSB kabupaten/kota se Aceh, Bappeda kabupaten/kota, para Camat yang ada KSB di wilayahnya, BPBA, PMI, SAR dan Forum PRB Aceh dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri()
close