-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Partai Demokrat Klaim Menang 124 Pilkada 2020

13 Desember 2020 | Desember 13, 2020 WIB | Last Updated 2020-12-13T08:58:10Z

Ketua umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan pidato politik awal tahun 2018, di Cibinong, Jumat (5/1). (Foto: Beritasatu.com)


Habanusantara.net, Jakarta, - Partai Demokrat (PD) menjadi partai politik (parpol) pendukung dan pengusung pasangan calon (paslon) di 240 dari 261 kabupaten/kota yang mengadakan pilkada. Sejauh ini, PD mengklaim memenangkan 124 pilkada.

"Partai Demokrat memperoleh kemenangan di 124 daerah yang diikuti. Dari jumlah kemenangan tersebut, 70 daerah yang menang mengusung kader sendiri, dan hanya 54 daerah kemenangan yang non-kader," kata Sekretaris Bappilu DPP PD, Kamhar Lakumani, di Jakarta, Minggu (13/12/2020).

Kamhar memerinci kemenangan yang diraih antara lain di empat dari tujuh pilkada di Jawa Barat, 11 dari 15 di Jawa Tengah, 12 dari 18 di Jawa Timur, 10 dari 22 di Sumatera Utara, lima dari tujuh di Kalimantan Timur, enam dari 12 di Sulawesi Selatan, tiga dari empat di Maluku, 9 dari 11 di Papua, dan tiga dari enam di Bali.

"Capaian ini memiliki arti penting dan strategis bagi Partai Demokrat, apalagi melampui target yang telah ditetapkan sebelumnya dan melampaui capaian hasil Pilkada Serentak 5 tahun yang lalu dengan jumlah pilkada yang sama," ujar Kamhar.

Kamhar pun menyebut, "Ini tentu berdampak positif dan kontributif pada peningkatan moral, semangat dan rasa percaya diri kader dan partai, apalagi banyak kemenangan yang dicapai oleh kader sendiri. Ini kemenangan yang subtantif, karenanya membangkitkan optimisme bagi kader Partai Demokrat menuju sukses Pemilu 2024. Sukses pileg dan sukses pilpres. Kami berpandangan sukses pilkada bernilai penting dan strategis karena secara empirik berkorelasi erat dan memiliki hubungan timbal balik yang kuat dengan sukses pileg dan sukses pilpres."

Data tersebut mengacu hasil hitungan cepat dan input data dari daerah-daerah pilkada. Baik yang bersumber dari struktur partai, KPU, maupun lembaga survei yang dipercaya melakukan quick count.

"Kami bersyukur dan berbahagia apa yang menjadi target kemenangan Partai Demokrat dapat tercapai. Dari 270 pilkada yang berlangsung, Partai Demokrat mengusung di 249 daerah termasuk 9 diantaranya kontestasi pilgub," kata Kamhar.

Dari 9 Pilgub yang diikuti, paslon yang diusung PD menang di lima daerah yang tiga diantaranya adalah Kader PD yaitu Pilgub Kalimantan Selatan pasangan Denny Indrayana-Difriadi, Pilgub Kalimantan Utara pasangan Zainal A Paliwang-Yansen TP, dan Pilgub Kalimantan Tengah pasangan Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar.

Sementara untuk dua kemenangan non kader pada Pilgub Bengkulu pasangan Rohidin Mersyah-Rosjonsyah dan Pilgub Sulawesi Tengah pasangan Rusdi Mastura-Ma’mun Amir.

"Untuk Pilgub Kalteng memang sangat kompetitif, namun dari update data masuk terakhir, pasangan Ben-Ujang telah unggul dikisaran 2%. Kemenangan ini menggenapkan kemenangan Partai Demokrat pada tiga Pilgub se-Pulau Kalimantan pada Pilkada serentak 2020 yang ketiganya adalah kader PD yang berhasil menumbangkan petahana," demikian Kamhar. (Sumber:BeritaSatu.com)
close