-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Partisipasi Ormas Sangat Dibutuhkan Dalam Wujudkan Pembangunan

07 November 2019 | November 07, 2019 WIB | Last Updated 2019-11-07T07:21:53Z



Habanusantara - Aceh Tenggara-Kesbangpol Aceh bekerjasama dengan Kesbangpol kabupaten Aceh Tenggara  melaksanakan kegiatan penguatan kapasitas ormas.

Kegiatan tersebut diikuti 40 peserta, terdiri dari unsur ormas dan LSM yang tercatat dilingkungan pemda kabupaten Aceh Tenggara, dan bertujuan meningkatkan kapasitas serta partisipasi pengurus ormas dalam pembangunan.

Kegiatan itu dilaksanakan diaula oprom Setdakab Aceh Tenggara, Kamis, (7 /11/ 2019)

Kepala badan kesbangpol Aceh dalam paparannya yang disampaikan oleh kabid ketahanan ekonomi sosbud dan ormas, Musmulyadi menyampaikan hal-hal terkait strategi-strategi peningkatan kapasitas ormas diantaranya adalah bagaimana pengurus ormas mampu membangun komunikasi dengan semua stakeholder dalam rangka pengembangan ormas dan memahami aturan-aturan yang ada sehingga ormas dapat mengambil peran sesuai dengan tupoksi masing-masing dan juga sesuai SOP yang berlaku sebagai bentuk profesional ormas.

"Partisipasi ormas dalam pembangunan merupakan hal mutlak dan sangat dibutuhkan," sebutnya.


Sementara itu, Dr. Efendi Hasan sebagai pemateri menyebutkan organisasi kemasyarakatan sangat membutuhkan manajemen yang baik untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama-sama.

Menurutnya, peran partisipasi ormas dalam mewujudkan pembangunan dari masa kemasa sudah tidak bisa di bantahkan.

"Organisasi tidak mungkin dijalankan tanpa manajemen dan istilah one man show itu tidak boleh terjadi di dalam organisasi," jelasnya.

Terakhir, Kepala Kesbangpol Aceh Tenggara Drs. Hadimin, MM Karo-Karo menyampaikan apresiasi kepada ormas yang hadir dan juga kepada kesbangpol Aceh atas kegiatan penguatan kapasitas ormas, dalam materinya selaku pemerintah daerah Aceh tenggara mengatakan bahwa ormas di Aceh tenggara selalu berkoordinasi dengan kesbangpol dan pemda akan terus memperhatikan ormas yang tercatat. 

Dia mengatakan pemda akan selalu menjadikan ormas sebagai mitra kerja pemda dalam mewujudkan pembangunan.

Dalam kesempatan itu juga menghadirkan narasumber dari unsur kodim Aceh Tenggara yang diwakili oleh unsur intel kodim  Aceh Tenggara Kapten Simatupang dengan materi GHT dalam rangka menjaga kesatuan dan keutuhan NKRI.

Dalam paparannya menyampaikan bahwa  ancaman terhadap bangsa dari berbagai sisi wajib di ketahui dan dipahami oleh ormas agar langkah langkah untuk antisipasi dapat kita lakukan secara bersama.

Kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar , dan berlangsung penuh dengan keakraban dan di akhiri foto bersama.(pri/dra)
close