-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Plt Gubernur Aceh Tinjau Pelaksanaan UNBK, Hari Pertama Semua Peserta Hadir

25 Maret 2019 | Maret 25, 2019 WIB | Last Updated 2019-03-25T09:26:51Z
  • Plt Gubernur Aceh : Strategi Penurunan Angka Pengangguran Melalui Pendidikan Vokasional

HN-Banda Aceh, Senin (25/2019) sebanyak 202 Sekolah Menengah Kejurusan (SMK) diseluruh Kabupaten Kota Se Aceh melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).
Pada hari pertama pelaksanaan UNBK tersebut, Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah melakukan peninjauan langsung  ke Sekolah untuk memastikan kelancaran pelaksanaan UNBK di SMK Negeri 1,2 dan 3 Lhongraya, Banda Aceh, Senin (25/3)
Rombongan Plt Gubernur bersama rombongan  tiba di SMK sekira pukul 08.00 langsung menuju ke salah satu kelas pelaksanaan UNBK di SMK 1 dan SMK 3.
Usai peninjauan, Nova Iriansyah kepada media mengatakan hasil amatannya di 3 SMK ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan, tidak ada siswa yang tidak hadir dan ruang nya nyaman serta perawatan komputer juga standar.
Katanya, ada satu hal yang dikhawatirkan dalam pelaksanaan ujian berbasis komputer itu, yakni terputusnya aliran listrik. Namun demikan, pihaknya telah berkoordinasi dengan PLN untuk antisipasi.

"Tadi Pak Kadis (pendidikan)sudah berkoordinasi dengan PLN. Nanti akan saya pastikan dengan PLN bahwa setidak-tidaknya PLN Benar-benar memantau secara baik, tidak akan terjadi pemutusan listrik atau pemadaman," tutur Nova. 

Selain itu, Nova mengungkapkan, dalam rangka menurunkan angka kemiskinan di Aceh dan mengindari banyaknya angka pengangguran, strategi pendidikan Aceh kedepan adalah pada sekolah vokasional.
"Sekolah vokasi bagi pembangunan Aceh sendiri sangat penting, karena melalui sekolah vokasional ini akan melahirkan pemuda-pemuda siap kerja, kalau pekerja tidak siap tentu tujuannya tidak tercapai, oleh karenanya strategi paling pas adalah memperbanyak pendidikan vokasional," tutur Nova Iriansyah.
Sementara itu kepala dinas pendidikan Aceh Syaridin mengatakan pelaksanaan UNBK hari ini berlangsung di 202 Sekolah SMK seluruh Aceh dengan jumlah pesertanya sebanyak 16.155 orang, kita berharap para peserta ini dapat mengikuti ujian dengan sempurna dan dapat memperoleh hasil yang lebih baik dari tahun lalu dan yang paling penting dapat lulus pada tahu ini.
"kita berharap kondisi kondusif pelaksanaan UNBK ini di kabupaten Kota lainnya berlangsung kondusif seperti UN di  SMK Lhong Raya, Banda Aceh, " ujarnya.
Selain itu, syaridin mengungkapkan, bahwa lulusan SMA SMK MA tahun ini untuk masuk ke perguruan tinggi di seluruh Indonesia diterima melalui 3 jalur SNMPTN. Alhamdulillah Propinsi Aceh, masuk dalam 10 besar propinsi terbanyak dpat diterima melalui jalur SNMPTN ini.

"Hasil evaluasi kita yang menunjukkan bahwa perkembangan di semua perguruan tinggi terbaik atau favorit pada tahun ini banyak siswa kita diterima dan tersebar di seluruh Aceh," pungkas syaridin.

Dalam tinjauan ke SMK lhongraya, Plt Gubernur Aceh turut didampingi Kakanwil Kemenag Aceh H M Daud Pakeh, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, Kabid SMK Teuku Miftahudin, Kabid SMA Zulkifli, Plt Ketua Majelis Pendidikan Aceh serta para rombongan lainnya.
close